Widget HTML #1

Contoh Lampiran RPP Kurikulum 2013 Terbaru

Lampiran RPP Kurikulum 2013


Lampiran I
MATERI PEMBELAJARAN

Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Kelas VIII/1

A.    Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

1)      Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan dasar atau pondasi berdirinya negara. Sebuah negara tidak mungkin berdiri tanpa adanya dasar negara. Menurut Ir. Soekarno, Pancasila dijadikan dasar berdirinya negara Indonesia. Latar belakang pancasila tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Pancasila sebagai dasar negara yang termaktub dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea ke-4. Dalam hal ini Pancasila berfungsi sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara.
Peneguhan Pancasila sebagai dasar negara juga termuat dalam :
a)      Instruksi Presiden RI Nomor 12 Tahun 1968 tanggal 13 April 1968 tentang tata urutan dan rumusan dalam penulisan/pembaca/ pengucapan sila-sila Pancasila
b)      Ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan Ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila dan Penentapan tentang Penengasan Pancasila sebagai Dasar Negara
c)      Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara.
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara serta sekaligus dasar filosofis bangsa dan negara sehingga setiap materi muatan peundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nialai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jadi fungsi dan kedudukan Pancsaila adalah sebagai kaidah negara yang fundamental atau sebagai dasar negara.

2)      Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila sebagai Pandangan hidup sering disebut juga way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia atau petunjuk hidup. Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku masyarakat Indonesia haruslah dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila.
Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang – ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia.  Pandangan hidup adalah sebagai suatu prinsip atau asas yang mendasari segala jawaban terhadap pertanyaan dasar, untuk apa seseorang itu hidup. 

B.     Arti Pancasila sebagai Dasar dan Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila sebagai dasar negara mendasari pasal-pasal dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan, yaitu sila kesatu Pancasila melandasi sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Para pendiri negara mempunyai pemikiran bahwa pandangan hidup bangsa harus sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia.
Pancasila dianggap oleh pendiri bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai kehidupan yang paling baik. Sebagai norma hukum, Pancasila juga mempunyai sifat imperatif atau memaksa, artinya mengikat dan memaksa setiap warga negara untuk tunduk kepada Pancasila dan bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran harus ditindak sesuai hukum yang berlaku di Indonesia serta bagi pelanggar dikenakan sanksi–sanksi hukum. Kehidupan berbangsa dan bernegara yang diharapkan adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur seperti dinyatakan dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

C.    Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang berbeda dengan ideologi lain yang ada di dunia. Ciri yang terkandung dalam Pancasila :

1.      Ketuhanan Yang Maha Esa

Mengandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Sebagai manusia yang beriman yaitu meyakini adanya Tuhan yang diwujudkan dalam ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan- Nya.

2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab

Manusia Indonesia mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara.

3.      Persatuan Indonesia.

Merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, golongan, suku bangsa, dan mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah-belah oleh sebab apa pun

4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat bijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Merupakan sendi utama demokrasi di Indonesia berdasar atas asas musyawarah dan asas kekeluargaan.

5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Merupakan salah satu tujuan negara yang hendak diwujudkan yaitu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila

Mempertahankan Pancasila mengandung pengertian bahwa :

1.      melaksanakan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.      tidak mengubah, menghapus dan mengganti dasar Negara Pancasila dengan dasar negara lain.
3.      mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jika ada yang ingin mengganti Pancasila berarti mengancam keberadaan Negara Indonesia. Jika dasar negara diganti, runtuhlah bangunan Negara Indonesia. Mempertahankan Pancasila merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan rakyat Indonesia. Upaya melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara telah disarikan dalam butir-butir pengamalan Pancasila.

Isi butir pengamalan Pancasila yaitu:

·         Ketuhanan Yang Maha Esa

a.       Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
c.       Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
d.      Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
e.       Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
f.       Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
g.      Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

·         Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

a.       Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit ,dan sebagainya
c.       Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
d.      Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira
e.       Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
f.       Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
g.      Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
h.      Berani membela kebenaran dan keadilan.
i.        Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
j.        Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.

·         Persatuan Indonesia

a.       Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
b.      Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa.
c.       Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
d.      Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
e.       Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
f.       Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika. 
g.      Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

· Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

a.       Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
b.      Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
c.       Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
d.      Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
e.       Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
f.       Dengan i’ktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
g.      Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
h.      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
i.        Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
j.        Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

·         Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

a.       Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
b.      Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
c.       Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
d.      Menghormati hak orang lain.
e.       Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
f.       Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
g.      Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
h.      Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
i.        Suka bekerja keras.
j.        Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
k.      Melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.


Lampiran II
MEDIA PEMBELAJARAAN
1.      Gambar
Mengamati Gambar
     
Nilai sila 1                                                       Nilai sila ke-2
Nilai sila ke-3
       
Nilai sila ke-4                                                  Nilai sila ke-5



Lampiran III

INSTRUMEN PENILAIAN

       I.            Sikap Spiritual

Lembar Pengamatan Sikap Spiritual

Nama Peserta Didik    : …………………..
Kelas/Semester            : VIII/1
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari perumusan dasar negara





2
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





3
Mengucapkan rasa syukur atas  perumusan Pancasila yang menghormati berbagai agama diIndonesia





4
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





Jumlah Skor






Rubrik/Pedoman Penskoran

Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
·         Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Petunjuk Penilaian

Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik                 : apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup             : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang            : apabila memperoleh skor 1 - 4

    II.            Sikap Sosial

Lembar Pengamatan Sikap Sosial


Kelas/Semester    : VIII/1
Hari, Tanggal       : ……………………….
Pertemuan Ke-    : ……………………….
Materi Pokok       :Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan PandanganHidup Bangsa

No
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Jml Skor
1
2
3
4
5
6
7
1









2









3









4









5









Dsb









Keterangan:



1.      Jujur
2.      Peduli
3.      Tanggungjawab
4.      Disiplin
5.      Toleransi
6.      Sopan dan Santun
7.      Kerjasama

Rubrik/Pedoman Penskoran

Tulis skor pada kolom aspek yang dinilai sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
·         Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Petunjuk Penilaian

Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 22 - 28
Baik                 : apabila memperoleh skor 15 - 21
Cukup             : apabila memperoleh skor  8 - 14
Kurang            : apabila memperoleh skor  1 - 7

 III.            Pengetahuan

Soal

1.      Jelaskan arti pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa?
2.      Sebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang menunjukan dengan ciri khas bangsa Indonesia, yang pada dasarnya pancaila itu sebagai dasar negar dan pandangan hidup bangsa?
3.      Mengapa kita harus mempertahankan pancasila dan apa yang akan terjadi jika pancasila diganti dengan dasar yang lainnya?
4.      Bagaimana upaya untuk memahami nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang telahdisarikan dalam butir-butir pengamalan Pancasila? (2 saja)

Kunci Jawaban

1.      Arti Pancasila

          Sebagai Dasar Negara, Pancasila merupakan dasar atau pondasi berdirinya negara. Dalam hal ini Pancasila berfungsi sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara, sehingga setiap materi muatan peundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan nialai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
          Sebagai Pandangan Hidup Bangsa, Pancasila itu pedoman atau pegangan hidup, yg digunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku masyarakat Indonesia haruslah dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila.
Jadi Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan, yaitu sila kesatu Pancasila melandasi sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Para pendiri negara mempunyai pemikiran bahwa pandangan hidup bangsa harus sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia

2.      Nilai-Nilai yang terkandung dalam Pancasila, dengan ciri

·         Ketuhanan Yang Maha Esa
Mengandung pengakuan atas keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta beserta isinya. Sebagai manusia yang beriman yaitu meyakini adanya Tuhan dengan bertaqwa kepada-Nya.
·         Kemanusiaan yang adil dan beradab
Manusia Indonesia mengakui kedudukan manusia yang sederajat dan sama, mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara yang dijamin oleh negara.
·         Persatuan Indonesia.
Merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, golongan, suku bangsa, dan mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terpecah-belah oleh sebab apa pun
·         Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat bijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Merupakan sendi utama demokrasi di Indonesia berdasar atas asas musyawarah dan asas kekeluargaan.
·         Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Merupakan salah satu tujuan negara yang hendak diwujudkan yaitu masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila

3.      Mempertahankan Pancasila mengandung pengertian bahwa :

          melaksanakan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
          tidak mengubah, menghapus dan mengganti dasar Negara Pancasila dengan dasar negara lain.
          mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jika ada yang ingin mengganti Pancasila berarti mengancam keberadaan Negara Indonesia. Jika dasar negara diganti, runtuhlah bangunan Negara Indonesia. Hal tersebut karena pancasila sebagai dasar negara untuk mengatur seluruh aspek kehidupan dan juga mengandung cita-cita bangsa Indonesia

4.      Isi butir pengamalan Pancasila yaitu:

·         Ketuhanan Yang Maha Esa
1.      Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
2.      Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
·         Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
1.      Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit ,dan sebagainya

·         Persatuan Indonesia
1.      Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
2.      Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

· Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
1.      Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
2.      Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

·         Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
1.      Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2.      Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.

Pedoman Penskoran

No
Kriteria Soal
Skor
1
Mudah
2
2
Sedang
4
3
Sedang
4
4
Susah
5
Jumlah maksimal skor
15

             



Nilai : Jumlah Perolehan Skor   X  100 =.......
              Jumlah Maks. Skor

 IV.            Ketrampilan

Pedoman Penilaian Display


Kelompok       : ………
Kelas               : VIII/1
Materi Pokok  : Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Sila ke-            : ...........
No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Rata-Rata Skor
Penguasaan Materi
Aktifitas
Kreatifitas


















Rubrik/Pedoman Penskoran
Tulis skor pada kolom aspek yang dinilai sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
·         Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
·         Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

Petunjuk Penilaian  
Baik Sekali      : apabila memperoleh skor 22 - 28
Baik                 : apabila memperoleh skor 15 - 21
Cukup             : apabila memperoleh skor  8 - 14
Kurang            : apabila memperoleh skor  1 – 7

Lembar Pengamatan Keterampilan dan Presentasi

Kelas                           : VIII/1
Tanggal Pengamatan   : ..............
Materi pokok               :Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
No
Nama peserta didik
Aspek Penilaian
Jumlah
Kejelasan Paparan
Kesesuaian dengan Nilai Pancasila
Tanggapan Kelompok Lain

1





Dst


















Pedoman Penskoran

·         Kejelasan paparan  (Skor Maksimal 30) :
Skor 30 jika jelas paparannya
Skor 20 jika kurang jelas paparannya
Skor 10 jika tidak jelas paparannya
·         Kesesuaian dengan Nilai Pancasila (Skor maksimal 30) :
Skor 40 jika sangat sesuai dengan nilai pancasila
Skor 30 jika sesuai dengan nilai pancasila
Skor 20 jika kurang sesuai dengan nilai pancasila
Skor 10 jika tidak sesuai dengan nilai pancasila
·         Tanggapan kelompok lain ( Skor maksimal 30) :
Skor 30 jika jawabannya sangat tepat
Skor 20 jika jawabannya kurang tepat
Skor 10 jika jawabannya tidak tepat
                           Jumlah skor
    Nilai  =   ---------------------------------- X 100  =  
                        Skor maksimal

Lampiran IV

Tindak Lanjut

Untuk dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Maka siswa harus “Mengamati perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila” yang terkait dengan pemahaman nilai-nilai pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bangsa. Kemudian dibuat makalah dan dikumpulkan minggu yang akan datang

Format makalah

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penulisan
Bab 2 Pembahasan
A.    (Berisi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila)
B.     ...........
Bab 3 Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran
Daftar Pustaka

Posting Komentar untuk "Contoh Lampiran RPP Kurikulum 2013 Terbaru"