Widget HTML #1

Taktik Pemasaran Perusahaan; Diferensiasi, Pemasaran dan Penjualan

Taktik Pemasaran Perusahaan; Diferensiasi, Pemasaran dan Penjualan

Pengetahuan  yang  diperlukan  dalam  mengidentifikasi  elemen  taktik  pemasaran perusahaan.

Strategi diferesnsiasi produk dalam pemasaran adalah strategi merancang serangkaian perbedaan yang bernilai dengan tujuan untuk membedakan penawaran produk perusahaan tersebut dari penawaran perusahaan pesaing.

Definisi Diferensiasi dan Jenis-Jenis Diferensiasi.


Definisi Diferensiasi.

Diferensiasi  adalah  tindakan  merancang  satu  set  perbedaaan  yang berarti  untuk  membedakan  penawaran  perusahaan  dari  penawaran pesaing. Deferensiasi  yang  kompetitif  adalah  tindakan  merancang  satu perbedaan  yang  berarti  untuk  membedakan  penawaran  perusahaan dari  lawan/pesaing.  Deferensiasi  bisa  berdasarkan  "produk"  yang ditawarkan  dengan  berbagai keistimewaan,  penambahan  pelayanan, peningkatan  kualitas,  kemudahan  pelanggan,  dll.  Deferensiasi "personil"  dengan  cara  mempekerjakan  atau  melatih  orang-orang yang  lebih  baik  dari  pesaing  mereka.  Sedangkan  deferensiasi "saluran"  yaitu  perusahaan  mencapai  deferensiasi  dengan  cara membentuk  saluran  distribusi,  terutama  jangkauan,  keahlian,  dan kinerja  saluran  tersebut.  Diferensiasi  "citra"  adalah  persepsi masyarakat terhadap perusahaan atau produk.

Baca juga :  Mengidentifikasi Elemen Strategi Pemasaran Perusahaan


Jenis-Jenis Diferensiasi.

Diferensiasi dapat dilakukan melalui lima jenis adalah sebagai berikut;

  1. Diferensiasi  produk,  membedakan  produk  utama  berdasarkan keistimewaan,  kinerja,  kesesuaian,  daya  tahan,  keandalan, kemudahan untuk diperbaiki, gaya dan rancangan produk. 
  2. Diferensiasi  pelayanan,  membedakan  pelayanan  utama berdasarkan  kemudahan  pemesanan,  pengiriman, pemasangan,  pelatihan  pelanggan,  konsultasi  pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan.
  3. Diferensiasi  personil,  membedakan  personil  perusahaan berdasarkan  kemampuan,  kesopanan,  kredibilitas,  dapat diandalkan, cepat tanggap, dan komunikasi yang baik.
  4. Diferensiasi  saluran,  langkah  pembedaan  melalui  cara membentuk saluran distribusi, jangkauan, keahlian, dan kinerja saluran-saluran tersebut.
  5. Diferensiasi  citra,  membedakan  citra  perusahaan  berdasarkan perbedaan  identitas  melalui penetapan  posisi,  perbedaan lambang, dan perbedaan iklan.


Penetapan Strategi Diferensiasi Produk.

Beberapa penetapan strategi diferensiasi produk sebagai berikut :

  1. Produk lebih mudah diingat para konsumen.
  2. Produk lebih unggul dibandingkan dengan produk lainnya.
  3. Harga jual produk lebih tinggi.
  4. Mengatasi masalah kejenuhan pasar.
  5. Membantu terciptanya image produk.  


Baca Juga : MERANCANG STRATEGI PEMASARAN


Definisi Pemasaran dan Bauran Pemasaran.


Definisi Pemasaran.

Pemasaran  adalah  suatu  sistem  total  dari  kegiatan  bisnis  yang dirancang  untuk merencanakan, menentukan harga,  mempromosikan dan  mendistribusikan  barang-barang  yang  dapat  memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. 

Dari definisi tersebut,  bahwa dalam pemasaran terdapat empat unsur pokok  kegiatan  pemasaran  yakni  produk,  harga,  promosi  dan distribusi  yang  dimana  satu  sama  lain  saling  berkaitan.  Sehingga untuk  menciptakan  pemasaran  yang  baik  dan  berhasil  dalam mencapai  tujuan  perusahaan  serta  memberikan  kepuasan  terhadap konsumen, maka keempat unsur tadi perlu dirancang sebaik mungkin terutama dengan memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sesuai  dengan konsep pemasaran.


Definisi Bauran Pemasaran.

Bauran  pemasaran  adalah  kelompok  kiat  pemasaran  yang  digunakan perusahaan  untuk  mencapai  sasaran  pemasarannya  dalam  pasar sasaran.Bauran  Pemasaran  adalah  sebuah  tingkatan  yang  menggabungkan elemen  penting  pemasaran  benda  atau  jasa,  seperti  keunggulan

produk,  penetapan  harga,  pengemasan  produk,  periklanan, persediaan  barang,  distribusi  dan  anggaran  pemasaran,  dalam  usaha memasarkan sebuah produk atau jasa.


Definisi Penjualan (Selling) dan Jenis-Jenis Penjualan.


Definisi Penjualan (Selling).

Secara  umum  definisi  penjualan  dapat  diartikan  sebagai   sebuah usaha atau langkah konkrit yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk,  baik  itu  berupa  barang  ataupun  jasa  dari  produsen  kepada konsumen sebagai sasarannya. Tujuan  utama  penjualan  yaitu  mendatangkan  keuntungan  atau  laba dari  produk  ataupun  barang  yang  dihasilkan  produsennya  dengan pengelolaan  yang  baik.  Dalam  pelaksanaannya  penjualan  sendiri  tak akan  dapat  dilakukan  tanpa  adanya  pelaku  yang  bekerja  didalamnya seperti agen, pedagang, dan tenaga pemasaran. Menurut Winardi penjualan adalah proses dimana penjual memuaskan segala  kebutuhan  dan  keinginan  pembeli  agar  dicapai  manfaat  baik bagi  penjual  maupun  pembeli  yang  berkelanjutan  dan  yang menguntungkan kedua belah pihak.


Jenis–jenis penjualan.

Ada beberapa jenis penjualan yaitu :


1)  Trade Selling

Dapat  terjadi  bilamana  produsen  dan  pedagang  mempersilahkan
pengecer  untuk  berusaha  memperbaiki  distributor  produk-produk
mereka.  Hal  ini  melibatkan  para  penyalur  dengan  kegiatan
promosi, peragaan, persediaan, dan pengadaan produk baru, jadi
titik beratnya pada penjualan melalui penyalur daripada penjualan
ke pembeli akhir.


2)  Missionary Selling

Berusaha  ditingkatkan  dengan  mendorong  pembeli  untuk
membeli  barang-barang  dari  penyalur  perusahaan.  Dalam  hal  ini
perusahaan  yang  bersangkutan  memiliki  penyalur  sendiri  dalam
pendistribusian produknya.


3)  Technical Selling

Berusaha  meningkatkan  penjualan  dengan  pemberian  saran  dan
nasehat  pada  pembeli  akhir  dari  barang  dan  jasa  dengan
menunjukkan bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan dapat
mengatasi masalah tersebut.


4)  New Business Selling.

Berusaha  membuka  transaksi  baru  dengan  merubah  calon
pembeli  menjadi  pembeli.  Jenis  penjualan  ini  sering  dipakai  oleh
perusahaan asuransi.


5) Responsive Selling.

Jenis  penjualan  seperti  ini  tidak  akan  menciptakan  penjualan
yang  terlalu  besar  meskipun  layanan  baik  dan  hubungan
pelanggan  yang  menyenangkan  dapat  menjurus  pada  pembeli
ulang.

Posting Komentar untuk "Taktik Pemasaran Perusahaan; Diferensiasi, Pemasaran dan Penjualan"