Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Dana Jangka Pendek, Jenis dan Kenapa Diperlukan


Sumber dana jangka pendek adalah pendanaan yang harus dilunasi atau dibayar pada waktu yang cepat dalam tempo satu tahun atau kurang untuk memenuhi kegiatan operasional rutin perusahaan.

Alasan perusahaan membutuhkan pendanaan jangka pendek umumnya karena beberapa kondisi berikut:
  1. Perusahaan membutuhkan dana segar untuk keperluan pembayaran modal kerja atau kebutuhan jangka pendek yang harus dipenuhi dalam tempo satu tahun atau kurang
  2. Laba ditahan tidak mencukupi dalam memenuhi kebutuhan operasional perusahaan
  3. Sumber dana jangka pendek tersedia cukup banyak, mudah dan biaya yang mengiringi lebih rendah
  4. Manajemen keuangan lebih memilih untuk mengambil utang dibandingkan menunggu dana dari sektor lain.

Jenis Jenis Sumber Pendanaan Jangka Pendek

    pendanaan jangka pendek
    img source: wofcc.org

    Jenis jenis pendanaan jangka pendek yang menjadi akan sumber keuangan perusahaan umumnya dikelompokkan kedalam dua jenis. Pendanaan spontan dan pendanaan tidak spontan.

    A. Pendanaan Spontan

    Pendanaan spontan adalah tipe pendanaan yang bisa menyesuaikan secara otomatis terhadap perubahan perubahan yang terjadi pada kegiatan perusahaan.

    Maksudnya begini...

    Pendanaan dari utang yang timbul akibat adanya kegiatan atau transaksi oleh perusahaan. Jika tidak ada transaksi, maka tidak akan muncul pendanaan spontan. 

    Contohnya adalah utang dagang dan utang pajak.

    # Utang Dagang

    Utang dagang bisa  muncul karena perusahaan membeli pasokan barang dagang atau bahan baku kepada supplier secara kredit. Jika tidak membeli secara kredit maka utang dagang tidak akan muncul. Pendanaan spontan tidak akan terjadi.

    Setelah perusahaan mendapatkan barang secara kredit, maka sejak tanggal tersebut perusahaan telah berhutang kepada supplier (penjual). Kredit utang dagang ini umumnya harus dilunasi tidak lebih dari satu tahun.

    Utang dagang berarti menunda pembayaran pembelian barang kepada supplier. Utang dagang adalah berutang barang kepada supplier. Pendanaannya berupa barang, bukan uang. 

    Utang dagang pun umumnya memiliki biaya. Perusahaan yang membeli barang secara kredit umumnya mendapatkan harga yang lebih tinggi dari harga pasarnya, tidak akan mendapatkan diskon pembelian walau membeli dalam jumlah yang masif dan adanya bunga atau denda apabila pembayaran yang tidak tepat waktu.

    # Utang Pajak

    Utang pajak terjadi karena pajak yang muncul akibat aktivitas perusahaan yang menghasilkan pendapatan atau laba dan harus dibayar oleh perusahaan pada tanggal tertentu disetiap periode.

    Utang pajak otomatis muncul ketika perusahaan berhasil melakukan penjualan dan mendapatkan laba. Besar kecilnya tergantung pada seberapa besar penjualan yang dihasilkan.

    B. Pendanaan Tidak Spontan

    Pendanaan tidak spontan adalah tipe pendanaan yang tidak dipengaruhi oleh perubahan aktivitas perusahaan. Manajemen membutuhkan waktu dan negosiasi untuk mendapatkan, mengubah (menambah atau mengurangi) dana yang diinginkan.

    Contoh pendanaan tidak spontan adalah :

    1. Pinjaman kredit
    2. Commercial papper
    3. Anjak piutang (factoring)
    4. Menjaminkan piutang 
    5. Leasing
    6. Kredit tanpa agunan
    7. Letter of credit
    8. Menjaminkan persediaan barang dagang
    9. Repurchasing agreement

    # Pinjaman Kredit

    Pinjaman kredit adalah pinjaman utang yang berasal dari bank atau lembaga keuangan bukan bank.

    Pinjaman kredit umumnya ada 2 jenis, kredit transaksi dan kredit lini.

    Kredit transaksi merupakan kredit yang khususkan untuk tujuan yang spesifik, sedangkan kredit lini memungkinkan peminjam bisa berutang pada nominal tertentu yang tidak melebihi plafon pinjaman (batas maksimum pinjaman)

    # Commercial Papper

    Commercial Papper adalah utang jangka pendek tanpa jaminan yang diterbitkan oleh perusahaan dan dijual kepada calon investor. Umumnya jangka waktu pengembaliannya maksimal 3 bulan (90 hari) dan commercial papper biasanya berbunga rendah.

    # Anjak Piutang | Factoring

    Anjak piutang atau factoring adalah menjual piutang yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak lain. Factoring menjadi opsi alternatif pendanaan jangka pendek bagi perusahaan yang mempunyai piutang kepada pihak lain karena perusahaan tidak harus menunggu piutang tersebut jatuh tempo untuk mendapatkan dana (kas).

    # Menjaminkan Piutang

    Hampir mirip dengan anjak piutang, pendanaan jangka pendek ini juga melibatkan piutang yang dimiliki oleh perusahaan. Namun piutang tidak dijual, tapi dijaminkan kepada pihak tertentu untuk mendapatkan pinjaman.

    Jadi perusahaan tidak kehilangan hak atas piutang tersebut. Namun apabila perusahaan tidak mampu melunasinya, maka perusahaan akan kehilangan hak atas piutang tersebut karena sudah berpindah tangan kepada yang meminjamkan dana.

    # Leasing

    Leasing adalah alternatif pendaan jangka pendek yang bisa dimanfaatkan perusahaan yang ingin memiliki aset seperti kendaraan dan peralatan. Jadi perusahaan akan mendapatkan aset. Bukan uang tunai.

    # Kredit Tanpa Agunan

    Kredit tanpa agunan umumnya diberikan oleh lembaga keuangan bukan bank yang tidak mewajibkan adanya jaminan terhadap kreditnya. Namun kredit jenis ini memiliki plafon atau batas maksimal kredit tidak terlalu tinggi dengan tingkat bunga yang tinggi.

    # Letter of Credit

    Letter of credit adalah pernyataan tertulis dari bank yang menyatakan pembeli/pengutang akan membayar kepada perusahaan pemberi utang apabila beberapa kondisi perusahaan sudah terpenuhi.

    # Menjaminkan Persediaan Barang Dagang

    Perusahaan bisa memilih memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya dengan menjaminkan persediaan barang dagang yang dimiliki. Tidak jauh berbeda dengan menjaminkan piutang, pemberi pinjaman akan mensurvei nilai pasar dari persediaan barang dagang untuk menentukan jumlah pinjaman yang akan diberikan.

    Jumlah pinjaman berasal dari persentase tertentu dari nilai pesediaan barang dagang yang dijaminkan.

    # Repurchase Agreement (Repo)

    Repurchase agreement atau lebih dikenal dengan Repo adalah surat perjanjian antara pembeli dan penjual efek yang menyatakan perusahaan penjual akan membeli lagi efek yang telah dijual kepada pembeli dengan harga dan jangka waktu yang telah disepakati.

    Demikianlah sumber dana jangka pendek yang bisa dijadikan alternatif bagi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dananya. Apabila ada kesalahan dan pertanyaan, silahakan meninggalkan pesan. Terima kasih

    Posting Komentar untuk "Sumber Dana Jangka Pendek, Jenis dan Kenapa Diperlukan"