Biar Tidak Tertipu, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Donasi Online

Konten [Tampil]

Biar Tidak Tertipu, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Donasi Online

Di era digital seperti sekarang, semua transaksi bisa dilakukan secara online, tidak terkecuali dalam menyalurkan donasi. Kapan pun dan di mana pun, Anda bisa melakukan donasi lewat smartphone. Namun, ditengah kemudahan yang ditawarkan, penipuan berkedok donasi online masih saja terjadi. Sebab itu, sebelum melakukan donasi, sebaiknya Anda memahami 4 hal berikut ini.

  1. Pastikan Kredibilitas Lembaga Donasi

Sebelum melakukan donasi secara online, sebaiknya Anda memastikan kredibilitas dari lembaga yang bersangkutan. Pilihlah lembaga donasi yang memiliki reputasi baik dan jelas program kerjanya. Biasanya, lembaga donasi terpercaya akan mengekspos kegiatannya dan memberikan laporan penyaluran dana kepada para donatur. 

  1. Cari Tahu Latar Belakang Penerima

situs donasi online Indonesia terpercaya umumnya mencantumkan keterangan terkait latar belakang penerima, program-programnya, hingga foto terkait penerima donatur. Melalui informasi yang dibagikan oleh lembaga donasi, Anda bisa mencari tahu kebenarannya.

  1. Perhatikan Rekening Penghimpun Donasi

Untuk menghindari penipuan berkedok donasi, sebaiknya cek dulu rekening penghimpun donasi, apakah atas nama pribadi atau organisasi. Dalam beberapa kasus, rekening penghimpun donasi atas nama pribadi menimbulkan polemik tersendiri dan patut diwaspadai. Meskipun begitu, bukan berarti semua rekening penghimpun donasi atas nama lembaga bersifat aman. Agar terhindar dari penipuan, jangan mengirimkan donasi ke rekening atas nama lembaga yang belum dikenal atau tidak kredibel. 

  1. Pastikan Situsnya Aman

Saat akan berdonasi online, sebaiknya Anda memeriksa keamanan situs tersebut. Bisa saja situs donasi yang digunakan mengandung spyware yang bisa mencuri data-data pribadi Anda, mulai dari nomor rekening, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Biasanya, situs donasi yang tidak aman akan muncul tanda seru berwarna merah pada kontak URL browser. Sementara situs yang aman akan muncul gambar gembok hijau pada URL browser.

Memilih lembaga donasi secara online tidak boleh asal-asalan jika Anda tidak ingin tertipu. Untuk donasi online Indonesia Anda bisa menyalurkannya melalui UNICEF Indonesia yang aman, kredibel, serta jelas penerima dan program-programnya. Bahkan, Anda bisa memilih program mana yang akan Anda bantu. 

Posting Komentar

Silahkan sampaikan tanggapan, kritik dan saran Anda. Tuangkan dalam kolom Komentar.
Terima kasih.

Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertising