Widget HTML #1

5 Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen pada Perusahaan

Konsep dasar sistem informasi manajemen akan selalu berkaitan dengan jalannya sistem informasi manajemen itu sendiri.

Tujuan sistem informasi manajemen adalah menghasilkan informasi. Informasi yang membantu manajemen secara keseluruhan.

Informasi bisa diperoleh dari data data yang telah diolah oleh sistem.

Konsep sistem informasi secara simpel setidaknya seperti ini:
  1. Ada data yang akan diolah
  2. Ada instrumen untuk mengolah data tersebut
  3. Ada mekanisme dalam pengolahan data
  4. Data yang telah diolah akan menjadi informasi
  5. Informasi disajikan kepada pengguna
  6. Pengguna informasi akan menggunakan sesuai tujuannya.

Konsep Sistem Informasi Manajemen

5 Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen
Konsep sistem informasi manajemen | img courtesy of pngtreen.com

Setidaknhya, konsep sistem informasi manajemen tidak lepas dari hal hal yang berhubungan dengan informasi, sistem, pengorganisasian, manusia, dan pengambilan keputusan. Masing masing hal tersebut saling terkait satu sama lain.

1. Konsep Informasi

Informasi merupakan hasil dari sistem informasi manajemen. Informasi berasal dari kumpulan data data mentah. Dari dalam perusahaan dan juga dari luar perusahaan. Data ini kemudian diolah. Diproses oleh sistem sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

Informasi yang dihasilkan harus informasi yang berkualitas. Bisa digunakan dan punya manfaat penggunanya.

Informasi yang tidak berkualitas tidak akan banyak membantu perusahaan. Bahkan bisa menjerumuskan. Khususnya dalam pengambilan keputusan.

Keputusan yang diampil dari data yang salah sangat berbahaya.

Bagaimana informasi yang berguna itu?
Harus seperti ini:
  1. Relevan
  2. Akurat
  3. Tepat waktu
  4. Bisa dibandingkan dengan informasi sejenis 
  5. Bisa dipertanggung jawabkan

2. Konsep Manusia

Manusia adalah pihak yang merancang, mendesain, membangun, mengoperasikan dan yang menggunakan.

Sistem informasi manajemen tentu dirancang sedemikian rupa oleh manusia sehingga sistem tersebut bisa membantu mereka menghasilkan apa yang dibutuhkan: INFORMASI.

Manusia juga yang bertugas menjalankan sistem agar bisa beroperasional, bisa mengumpulkan dan mengolah data. Hasilnya akan dinikmati oleh manusia juga.

Tentu saja akan dibutuhkan banyak manusia yang terlibat dalam merancang hingga menjalankan sistem informasi manajemen. Masing masing manusia memiliki tugasnya sendiri sendiri yang terhubung dan saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. 

3. Konsep Sistem

Sistem merupakan gabungan elemen/komponen atau subsistem yang menjalankan tugasnya masing masing yang saling terintegrasi, saling terhubung satu dengan yang lain sehingga membentuk satu kesatuan untuk menghasilkan satu tujuan.

Subsistem subsistem atau elemen sistem ini akan melakukan tugasnya masing masing dalam satu rancangan besar sebuah sistem. Ada subsistem yang bertugas mengumpulkan data, ada sistem lain yang mengolahnya, kemudia sistem lain menyempurnakannya hingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi para pemakainya.

Baca juga Komponen Sistem Informasi Manajemen

4. Konsep Organisasi Manajemen

Sesuai namanya, sistem informasi manajemen berada dalam lingkup organisasi manajemen perusahaan.

Sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan. Salah satu tujuannya adalah menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin, meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, dibentuklah organisasi manajemen untuk menjalankan operasional perusahaan.

Manajemen akan mengelola perusahaan untuk mencapai tujuan. Manajemen akan memaksimalkan fungsinya seperti merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan operasional perusahaan.

Baca juga: 4 Fungsi Manajemen

Dalam perjalannya, manajemen akan membutuhkan sistem informasi manajemen untuk membantu tugasnya.

Manajemen membutuhkan informasi untuk melaksanakan tugasnya, maka sistem informasi manajemen akan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk semua elemen organisasi manajemen, mulai dari lapisan bawah hingga manajemen lapisan puncak.

5 Konsep Pengambilan Keputusan

Tujuan utama sistem informasi manajemen adalah menghasilkan informasi, terlepas bagaimana cara sistem tersebut bekerja untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Konsep pengambilan keputusan adalah konsep yang memanfaatkan informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi manajemen untuk dijadikan dasar, bahan, atau pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Misalnya, manajemen keuangan akan merencanakan melakukan efisiensi biaya, penghematan terhadap pengeluaran yang mungkin masih bisa ditunda, bisa dihilangkan atau tidak menghasilkan keuntungan yang sepadan.

Untuk melakukannya, manajemen keuangan memerlukan informasi mengenai bagian pengeluaran yang mana yang harus dilakukan penghematan. Pos pos mana yang bisa ditunda pengeluarannya, pengeluaran seperti apa yang tidak bermanfaat, atau pos mana yang manfaatnya terlalu kecil daripada baiya yang dikeluarkan.

Sistem informasi manajemen akan membantu manajemen keuangan tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai hal hal tersebut. Dengan informasi, manajemen keuangan akan mengambil keputusan yang terarah, tidak akan salah, atau meminimalkan kesalahan dalam melakukan efisiensi pengeluaran.

Baca juga : Karakterisitik Sistem Informasi Manajemen

Demikianlah konsep dasar sistem informasi manajemen pada perusahaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan koreksi bila ada kesalahan baik dalam penulisan atau maknanya. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "5 Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen pada Perusahaan"