Widget HTML #1

Pengertian MRP ( Material Planning) ,EOQ (Economic Order Quantity), ROP ( Reorder point ) dan ROQ

Pengertian MRP ( Material Planning)

Sejarah Material Planning (MRP)

Sebelum MRP, dan sebelum komputer mendominasi industri, Reorder point (ROP) / menyusun ulang-kuantitas (ROQ) jenis metode seperti EOQ (Economic Order Quantity) telah digunakan di bidang manufaktur dan manajemen persediaan.

Pengertian MRP ( Material Planning) ,EOQ (Economic Order Quantity), ROP ( Reorder point ) dan ROQ

Pada tahun 1964, sebagai responter terhadap Program Manufacturing Toyota, Joseph Orlicky mengembangkan Kebutuhan Material Planning (MRP). Perusahaan pertama yang menggunakan MRP adalah Black & Decker pada tahun 1964, dengan Dick Alban sebagai pemimpin proyek. Orlicky 1975 Perencanaan Kebutuhan Material memiliki subjudul The New Way of Life di Produksi dan Inventarisasi Manajemen. Pada tahun 1975, MRP dilaksanakan di 700 perusahaan. Jumlah ini telah berkembang menjadi sekitar 8.000 pada tahun 1981.

Pada tahun 1983 Oliver Wight mengembangkan MRP dalam perencanaan sumber daya manufaktur (MRP II). Pada 1980-an, Joe Orlicky ini berkembang menjadi Oliver Wight, ini perencanaan sumber daya manufaktur (MRP II) yang membawa Master penjadwalan, perencanaan kapasitas Kotor, persyaratan kapasitas perencanaan , S & OP pada tahun 1983 dan konsep lain untuk MRP klasik. Pada tahun 1989, sekitar sepertiga dari industri perangkat lunak adalah perangkat lunak MRP II dijual ke industri Amerika ( perangkat lunak senilai $ 1,2 milyar).

Apa saja isi Material Planning (MRP)

Ketergantungan Permintaan vs Permintaan Independen
Permintaan independen permintaan berasal di luar pabrik atau produksi sistem, sementara permintaan tergantung permintaan untuk komponen. Bill of material (BOM) menentukan hubungan antara produk akhir (demand independen) dan komponen (permintaan tergantung). MRP mengambil sebagai masukan informasi yang terdapat dalam BOM tersebut.


Data yang harus diperhatikan antara lain:

Barang terakhir yang dibuat. Hal ini kadang-kadang disebut Permintaan Independen, atau Tingkat “0″ di BOM (Bill of material).
Berapa banyak diperlukan pada suatu waktu.
jumlah yang diperlukan untuk memenuhi permintaan.
bahan yang disimpan.
Catatan status persediaan. Rekaman bahan bersih yang tersedia untuk digunakan sudah dalam saham (di tangan) dan bahan pada urutan dari pemasok.
Tagihan bahan. Rincian bahan, komponen dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat setiap produk.
Data perencanaan. Ini termasuk sebuah hambatan dan arah untuk menghasilkan barang-barang terakhir. Ini termasuk barang-barang seperti: Routing, Tenaga Kerja dan Mesin Standar, Mutu dan Standar Pengujian, Tarik / Pekerjaan Sel dan Push perintah, Lot sizing teknik (yaitu Fixed Lot Size, Lot-For-Lot, Economic Order Quantity), Persentase Scrap, dan input lainnya.
Output

Ada dua output dan berbagai pesan / laporan:

Output 1 adalah “Jadwal Direkomendasikan Produksi” yang menjabarkan jadwal rinci mulai dan selesai tanggal minimum yang diperlukan, dengan jumlah, untuk setiap langkah dari Routing dan Bill Of Material yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan dari Jadwal Induk Produksi (MPS) .

Output 2 adalah “Direkomendasikan Jadwal Pembelian”. Ini menjabarkan kedua tanggal bahwa barang yang dibeli harus diterima ke fasilitas DAN tanggal bahwa perintah Pembelian, atau Blanket Orde Pers harus terjadi untuk mencocokkan jadwal produksi.

Pesan dan Laporan

Order pembelian. Perintah untuk pemasok untuk menyediakan bahan.
Menjadwal ulang pemberitahuan. Ini merekomendasikan membatalkan, meningkatkan, menunda atau mempercepat perintah yang ada.
Metode untuk menemukan jumlah pesanan

Metode terkenal untuk menemukan jumlah pesanan adalah:
  1. Dinamis banyak-sizing
  2. Perak-Meal heuristik
  3. Setidaknya-Unit-Biaya heuristic
  4. Fungsi MRP
Fungsi dasar sistem MRP meliputi:
  1. Pengendalian persediaan
  2. Tagihan pengolahan bahan
  3. Dan penjadwalan dasar.
MRP membantu organisasi untuk mempertahankan tingkat persediaan rendah. Hal ini digunakan untuk merencanakan manufaktur, pembelian dan memberikan kegiatan.

MRP adalah alat untuk menangani masalah ini. Ini memberikan jawaban untuk beberapa pertanyaan:

Item apa yang diperlukan?
Berapa banyak yang dibutuhkan?
Ketika mereka diperlukan?
MRP dapat diterapkan baik untuk barang-barang yang dibeli dari pemasok luar dan ke sub-rakitan, diproduksi secara internal, yang merupakan komponen dari item yang lebih kompleks.


Perkembangan mrp menjadi erp


ERP merupakan perkembangan dari Manufacturing Resource Planning yang juga merupakan jasil dari Evolusi Material Resource Planning (MRP).

Sistem ERP biasanya menangani Proses :
  • Manufaktur.
  • Logistik,
  • Distribusi,
  • Persediaan (inventory),
  • Pengapalan,
  • Invoice,
  • dan Akuntansi perusahaan.

Berdasarkan hal-hal yang ditangani tersebut diatas, maka ERP ini juga akan membantu untuk mengontrol proses proses
penjualan, pengiriman, produksi,
manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia.
Dalam perkembangan ERP tidak terlepas dari perkembangan rekayasa pabrikasi (manufacturing) itu sendiri. Kebutuhan akan informasi dari proses pabrikasi juga semakin banyak yang akan berguna bagi setiap pelaku dari pabrikasi baik pelaksanaan maupun pengambil keputusan. Perkembangan ERP melalui tahapan yang sangat lama dengan mengembangkan dari sistem yang telah lahir sebelumnya.

5 Tahapan Perkembangan ERP

Tahap I : Material Requirement Planning (MRP), merupakan cikal bakal dari ERP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material

Tahap II: Close-Loop MRP, merupakan sederetan fungsi dan tidak hanya terbatas pada MRP, terdiri atas alat bantu penyelesaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau diganti jika diperlukan

Tahap III: Manufakturing Resource Planning (MRP II), merupakan pengembangan dari close-loop MRP yang ditambahkan 3 elemen yaitu: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan dan simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan

Tahap IV: Enterprise Resource Planning (ERP), merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasok dan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan dilakukan secara mudah

Tahap V: Extended ERP (ERP II) Merupakan perkembangan dari ERP
Tahun 1970-an merupakan konsep awal dari ERP dengan adanya MRP (Material Requirements Planning), sistem ini meliputi perencanaan dan penjadwalan kebutuhan material perusahaan. Tahun 1980-an MRP berkembang menjadi MRP II (Manufacturing Resource Planning), yang memperkenalkan konsep mengenai penyatuan kebutuhan material (MRP) dan kebutuhan sumber daya untuk proses produksi. Tahun 1990-an perkembangan ERP mulai pesat, awal dari perkembangan ERP dumulai Tahun 1972 dengan dipelopori oleh 5 karyawan IBM di Mannheim Jerman yang menciptakan SAP yang berfungsi untuk menyatukan solusi bisnis.
Pada dasarnya ERP adalah penambahan module keuangan pada MRP II, sehingga lebih memudahkan bagi para pengambil keputusan menentukan keputusan-keputusannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian MRP ( Material Planning) ,EOQ (Economic Order Quantity), ROP ( Reorder point ) dan ROQ"