Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi

Menyusun Neraca Saldo: Step by Step

Menyusun Neraca Saldo: Step by Step

Menyusun Neraca Saldo

Pembuatan Neraca Saldo Awal merupakan tahapan lanjutan dari proses pencatatan dalam siklus akuntansi perusahaan jasa. Pembuatan Neraca Saldo Awal ini bertujuan untuk menguji kebenaran transaksi yang tercatat dalam jurnal umum dan akun buku besar.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Soal Buku Besar

Proses pembuatan neraca saldo awal ini  biasanya dilakukan pada akhir periode akuntansi setelah pencatatan dan pemindah bukuan selesai dikerjakan.


1. Pengertian Neraca Saldo

Neraca saldo atau yang dikenal dengan Trial Balance adalah daftar yang berisi kumpulan seluruh akun atau perkiraan buku besar . Neraca Saldo bertujuan untuk mempersiapkan data transaksi dalam menyajikan laporan keuangan. Selain itu, Neraca saldo digunakan untuk menguji kebenaran pendebitan dan pengkreditan akun buku besar.

Ketika kolom debit dan kredit menunjukkan nilai yang sama, tidak berarti seluruh pencatatan neraca saldo sudah benar.  Ada kemungkinan terjadi kesalahan-kesalahan antara lain ada transaksi yang tidak dicatat dalam buku besar karena lupa atau sengaja tidak dicatat, terjadinya kesalahn pencatatan nominal uang dalam buku besar, kesalahan dalam melakukan pendebitan atau pengkreditan akun, serta terjadi kesalahan yang saling menutupi.


2. Penyusunan Neraca Saldo

Saldo – saldo buku besar bersifat sementara dan menjadi dasar penyusunan neraca saldo. Penyusunan neraca saldo biasanya dilakukan pada akahir bulan atau akhir periode akuntansi,. Penyusunan neraca saldo bergantung pada bentuk akun di buku besar. Jika buku besar berbentuk stafel, neraca saldo dapat disusun dengan memasukkan jumlah saldo yang sudah tersedia pada setiap akun dibuku besar. Jika akun buku besar berbentuk skontro atau T, saldo setiap akun di buku besar harus dihitung dahulu.

Langkah – langkah penyusunan neraca saldo sebagai berikut.

1. Menghitung saldo tiap-tiap akun buku besar.

Menjumlah sisi debit dan kredit dari akun buku besar, selanjutnya menentukan saldo tiap-tiap akun

Memindahkan saldo tiap-tiap akun buku besar berbentuk stafel sesuai letak debit dan kredit.

2. Menyusun saldo tiap-tiap akun buku besar dalam neraca saldo sesuai nomor kode akun dan tingkat liquiditas

Berikut ini kami sajikan contoh penyusunan neraca saldo berdasarkan neraca saldo milik bengkel Naga Mas untuk periode 30 Juni 2013 sebagai berikut.

Menyusun Neraca Saldo: Step by Step


Posting Komentar untuk "Menyusun Neraca Saldo: Step by Step"