Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar dan Cara Penyelesaiannya

Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar

Dalam materi akuntansi, jurnal penyesuaian adalah hal wajib yang dilakukan apabila akan menyusun laporan keuangan. Jurnal penyesuaian ini dibuat pada akhir periode untuk melihat kondisi sebenarnya (riil) dari akun-akun dalam neraca saldo. Misalnya akun perlengkapan dan gedung belum menunjukkan jumlah sebenarnya karena belum dilakukan penyusutan pada periode yang bersangkutan.

Selain perlengkapan dan gedung ada beberapa akun lain yang perlu disesusutkan seperti pendapatan, beban, dll. Pada kesempatan ini kami akan membahas contoh soal jurnal penyesuaian untuk beban yang masih harus dibayar dan cara penyelesaiannya. 

Beban yang masih harus dibayar atau utang beban adalah beban yang sudah menjadi kewajiban ditinjau dari segi waktu, tetapi belum dicatat atau dilakukan pembayarannya. Contoh beban yang masih harus dibayar adalah gaji yang masih harus dibayar dan bunga yang masih harus dibayar. Berikut ini kami sertakan contoh soal dan penyelesaiannya. Soal dibuat berdasarkan contoh kasus sehingga pembaca dapat lebih mudah memahaminya. Berikut ini contoh soal dan penyelesaian jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar.

Baca Juga :

Contoh soal akuntansi perusahaan jasa mulai dai jurnal umum sampai dengan neraca saldo beserta penyelesaiannya.


Contoh Soal 1

PT. Andaliman merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Pada tanggal 5 Desember 2018 perusahaan menetapkan pembayaran gaji karyawan sebesar Rp.8.000.000. Selama bulan Desember tersebut, ada seorang karyawan yang belum mengambil gaji sebesar Rp.2.000.000. Buatlah jurnal penyesuaian untuk kasus diatas!

Soal Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal 2

PT. Adi Perkasa merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Pada Desember 2018 perusahaan tersebut memiliki tagihan rekening listrik dan air sebesar Rp. 5.000.000. Buatlah jurnal penyesuaian untuk kasus diatas! 

Soal Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal 3

PT. Perkasa Utama yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tambang pada 1 Agustus 2018 mengeluarkan obligasi sebesar 24% dengan nominal Rp.100.000.000. Bunga dibayar setiap tanggal 1 Februari dan 1 Agustsus. Buatlah jurnal penyesuaian pada akhir desember untuk kasus diatas!

Contoh Soal 3  PT. Perkasa Utama yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tambang pada 1 Agustus 2018 mengeluarkan obligasi sebesar 24% dengan nominal Rp.100.000.000. Bunga dibayar setiap tanggal 1 Februari dan 1 Agustsus. Buatlah jurnal penyesuaian pada akhir desember untuk kasus diatas!

Baca Juga :

Contoh Jurnal Penyesuaian untuk Perlengkapan (Contoh Soal dan Penyelesaiannya)

Kesimpulan:

Berdasarkan pembahasan tentang jurnal penyesuaian beban yang masih harus dibayar maka dapat disimpulkan bahwa beban yang masih harus dibayar atau hutang beban merupakan beban atau kewajiban yang belum dibayarkan hingga periode akuntansi namun manfaatnya dan nilai ekonomisnya sudah dirasakan pada periode tersebut.

Demikian pembahasan kali ini tentang Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar. Jika ada yang kurang jelas, silahkan coret-coret di kolom komentar. Jangan lupa share dan semoga bermanfaat .

Posting Komentar untuk "Soal Jurnal Penyesuaian Beban yang Masih Harus Dibayar dan Cara Penyelesaiannya"