Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transaksi Keuangan; Pengertian dan Jenis-jenisnya

Jenis-jenis Transaksi Keuangan
Transaksi Keuangan; Pengertian dan Jenis-jenisnya

Transaksi Keuangan - Seperti sistem pernafasan pada tubuh kita, aktivitas akuntansi juga sebagai satu sistem yang mempunyai masukan (input) proses dan keluaran (out put). Masukan sistem akuntansi keuangan, berbentuk transaksi keuangan. Adapun keluarannya ialah laporan keuangan.


Pengertian Transaksi Keuangan

Transaksi keuangan adalah seluruh kegiatan yang menyangkut unit organisasi atau perusahaan yang bisa diukur dalam satuan uang dan berpengaruh terhadap kekayaan perusahaan tersebut. Jadi transaksi keuangan bukan hanya semata menyangkut jual-beli yang dijalankan ketika perusahaan mengeluarkan atau menerima uang tunai. Kegiatan jual-beli yang dijalankan perusahaan hanya merupakan salah satu jenis transaksi yang dijalankan perusahaan.


Dalam akuntansi transaksi keuangan meliliki makna yang sangat luas bukan hanya lingkup kegiatan jual beli, dalam ilmu akuntansi transaksi keuangan disebut sebagai kegiatan yang berhubung dengan perusahaan dan kejadian tersebut dapat diukur dengan satuan uang serta berpengaruh terhadap kekayaan perusahaan.


Akuntansi sebagai satu sistem dilukiskan dalam bagan berikut ini:

Akuntansi sebagai sistem


Transaksi keuangan ialah kegiatan perusahaan atau badan usaha yang bisa diukur dengan memakai satuan moneter. Transaksi keuangan perusahaan bisa berjalan baik dalam atau di luar lingkungan perusahaan. Supaya transaksi bisnis itu bisa dicatat secara benar, untuk tiap transaksi yang terjadi harus mempunyai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.


Apa saja bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan itu?

Anda akan pelajarinya pada subbab sesudah ini.


Tiap jenis transaksi keuangan mempunyai sumber yang berbeda dan pelaku yang berbeda juga. Lihat penggolongan jenis transaksi keuangan berdasar sumber dan pihak yang melaksanakannya di bawah ini.


Jenis Transaksi Keuangan Menurut Sumbernya

a. Transaksi modal yakni transaksi bisnis yang memiliki hubungan dengan pemilik perusahaan. Contohnya, penyerahan uang/barang sebagai modal oleh pemilik perusahaan dan pengambilan uang/barang oleh pemilik modal (prive).

b. Transaksi usaha sebagai transaksi bisnis yang terkait dengan aktivitas usaha/operasi perusahaan. Contohnya, pembayaran upah pegawai dan penghasilan berbentuk hasil usaha.


Jenis Transaksi Keuangan Menurut Pihak yang Menjalankannya


a. Transaksi internal

Sebagai transaksi bisnis keuangan yang terjadi di dalam lingkungan perusahaan tersebut, diantaranya, seperti berikut; 

  1. Penyusutan aktiva perusahaan
  2. Transaksi bisnis dengan pihak ke-3 (di luar perusahaan) yang mustahil didapatkan bukti transaksi bisnisnya, contohnya biaya naik becak.
  3. Pengakuan beban peralatan yang sudah digunakan.

b. Transaksi eksternal

Sebagai transaksi keuangan yang terjadi di antara pihak perusahaan dan pihak luar, diantaranya, seperti berikut.

  1. Pembayaran upah pegawai
  2. Surat bukti penanaman modal dari pemilik.
  3. Pembelian/pemasaran barang yang diperlengkapi dengan bukti transaksi bisnis jual-beli.
  4. Sewa-menyewa yang dilengkapi dengan surat kesepakatan sewa menyewa dan kwitansi pembayaran.
  5. Utang uang ke bank yang dibarengi surat bukti pengeluaran dan penerimaan kas.


Pengungkapan transaksi bisa dilihat dalam bukti transaksi, contohnya kuitansi, faktur, nota, dan memo. Transaksi bisnis yang terjadi umumnya dijelaskan secara uraian (descriptive).


Contoh:

01 Juli 2021 diterima pembayaran dari Sdr Achmad untuk jasa cuci mobil yang sudah dikerjakan sebesar Rp40.000,00.


Keterangan:

Tanggal transaksi 01 Juli 2021

Perincian transaksi diterima … sebesar ….

Nilai transaksi Rp40.000,00


Jenis transaksi yang terjadi bisa dijumpai dengan menyaksikan kata kunci yang ada pada uraian transaksi. Dari contoh di atas, kata kuncinya ialah diterima pembayaran dari jasa cuci. Ini memperlihatkan jika perusahaan sudah menerima uang cash sebagai balas jasa dari manfaat cuci mobil yang dinikmati Sdr Achmad. Coba Anda mencari beberapa kata kunci yang lain!


Suatu aktivitas yang tidak melibatkan kegiatan jual beli namun dianggap sebagai transaksi keuangan.


Contohnya

Pak Arif dan Pak Yanto mendirikan perusahaan yang berbentuk firma bergerak dibidang peternakan ayam.

Pada awal pendirian perusahaan, pak Arif merupakan salah satu pemilik perusahaan menyerahkan sebidang tanah yang digunakan untuk tempat operasional usaha peternakan dan menjadi hak milik perusahaan, maka aktivitas ini termasuk dalam transaksi keuangan yaitu transaksi modal.


Kesimpulan:

Transaksi keuangan adalah keseluruhan aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan dan dapat diukur dengan satuan uang serta mempunyai pengaruh terhadap kekayaan perusahan.

Transaksi keuangan dibagi menjadi dua jenis yaitu menurut ruang lingkupnya dan menurut bidang yang dipengaruhinya.

Menurut ruang lingkupnya transaksi keuangan dibedakan menjadi transaksi intern dan transaksi ekstern sedangkan menurut bidang yang dipengaruhinya dibedakan menjadi transaksi modal dan transaksi usaha.

Itu tadi Penjelasan tentang Transaksi Keuangan; Pengertian dan Jenis-jenisnya, semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi peningkatan prestasi saudara dibidang akuntansi, setelah memahami pembahasan ini maka saudara saya sarankan untuk memahami bentuk-bentuk bukti transaksi keuangan.

Posting Komentar untuk "Transaksi Keuangan; Pengertian dan Jenis-jenisnya"