Widget HTML #1

Pengertian Manajemen Adalah; Proses dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Manajemen Adalah
Pengertian Manajemen Adalah;  Proses dan Jenis-Jenisnya

Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen merupakan seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. – Wikipedia

Sedangkan menurut Ricky W. Griffin pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Sebagaimana kata manajemen itu termuat pada KBBI, manajemen yaitu penggunaan sumber daya secara efektif sesuai sasaran. Sederhananya adalah manajemen itu tata pengelolaan, baik itu organisasi kecil maupun besar.

Manajemen sendiri berasal dari bahasa francis kuno ménagement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur.


Proses Manajemen

Adapun proses-proses manajemen, dijabarkan sebagai berikut:

1. Proses Perencanaan

Proses perencanaan mliputi gagasan bahwa manajemen mengantisipasi berbagai kondisi seperti peluang dan kendala di masa depan, dan berusaha menetapkan lebih dulu apa yang harus mereka lakukan dan apa yang akan mereka capai.

2. Proses Pengorganisasian

Pengorganisasian berarti menempatkan orang dan prasarana serta sarana dan sumberdaya dalam suatu tata-hubungan yang kondusif untuk bekerja sama menuju sasaran bersama.

3. Proses Pelaksanaan

Proses pelaksanaan meliputi pemberian arahan, perintah kerja, dorongan dan motivasi kerja, serta pemecahan masalah.

4. Proses Pengendalian

Proses pengendalian dilakukan dengan pengamatan, mencermati laporan, dan melakukan inspeksi supaya pekerjaan di semua bagian sesuai dengan persyaratan kualitas dan ketentuan rencana hasil, dan sesuai dengan anggaran biaya.


Jenis – Jenis Manajemen

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.


A. Kompetensi Umum

  • Seleksi.
  • Penilaian kinerja.
  • Perencanaan karir.


B. Kompetensi Khusus

  • Staffing.
  • Evaluasi kinerja.
  • Pelatihan.
  • Pengembangan.
  • Reward & recognition.


1. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaean adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.


A. Kompetensi umum

  • Ahli pemasaran internasional.
  • Manajemen merk.
  • Sistem informasi pemasaran.
  • Pemasaran internet.
  • Pemasaran relasional atau pemasaran jasa.


B. Kompetensi Khusus

  • Komunikasi Pemasaran.
  • Kebijakan Harga.
  • Peramalan Penjualan.
  • Statistika Bisnis.
  • Manajemen Pembelian & Penjualan.
  • Bisnis Eceran.
  • Manajemen Pemasaran.


3. Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.


A. Kompetensi Umum

  • Memahami sistem produksi.
  • Memahami proses material handling.
  • Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH).


B. Kompetensi Khusus

  • Memahami perkembangan manajemen produksi.
  • Memahami penentuan lokasi pabrik.
  • Menyusun tata letak peralatan pabrik.
  • Memahami perencanaan produk.
  • Memahami rancang bangun proses produksi.
  • Memahami teknik pemeliharaan.
  • Memahami perencanaan kebutuhan material.


4. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.


A. Kompetensi Umum

  • Ahli pasar modal dan investasi.
  • Manajemen risiko.
  • Manajemen keuangan internasional.
  • Manajemen keuangan dan perbankan syariah.


B. Kompetensi Khusus

  • Membuat dan mengendalikan anggaran perusahaan
  • Menghitung pajak-pajak yang harus ditanggung perusahaan.
  • Menyusun dan merealisasikan manajemen keuangan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.


5. Manajemen Informasi

Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.


A. Kompetensi Umum

  • Mempunyai kemampuan manajemen dalam bekerja kelompok mampu membuat rencana bisnis.
  • Memahami konsep Jaringan Menguasai bahasa inggris secara pasif.
  • Menguasai algoritma dan bahasa pemrograman.
  • Menguasai Syntax SQL.
  • Menguasai Aplikasi database.
  • Menguasai design grafis.
  • Menguasai syntax html.
  • Mampu mengembangkan wirausaha.


B. Kompetensi Khusus

  • Mampu memahami permasalahan yg timbul dilingkungan yg akan dihadapi.
  • Mampu Menganalisis kebutuhan system.
  • Mampu membuat model alternatif penyelesaian masalah.
  • Mampu merancang kebutuhan system.
  • Memahami konsep struktur database.
  • Mampu menjembatani kebutuhan database.
  • Mampu menyajikan informasi dari data yang ada.
  • Mampu membangun dan memanipulasi data.
  • Memahami konsep design WEB.
  • Menguasai bahasa pemrograman berbasis web.
  • Menguasai aplikasi web server.
  • Menguasai cara dan teknik publishing web.


6. Manajemen Strategi

Secara sederhana manajemen Strategi dapat di artikan sebagai Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan, Pengawasan dalam rangka pengambilan keputusan.


A. Kompetensi umum

  • Menciptakan persaingan tidak sempurna
  • Dalam persaingan sempurna semua organisasi menghasilkan produk yang serupa sehingga bebas keluar masuk ke dalam pasar. Suatu organisasi dapat memperoleh keunggulan bersaing dengan menciptakan persaingan tidak sempurna yaitu dengan cara memberikan kualitas yang tinggi di aspek-aspek tertentu.
  • Berkesinambungan
  • Keunggulan bersaing harus bersifat berkesinambungan bukan sementara dan tidak mudah ditiru oleh para pesaing.
  • Kesesuaian dengan lingkungan internal
  • Keunggulan bersaing dapat diraih dengan menyesuaikan kebutuhan atau permintaan pasar. Karena lingkungan eksternal bisa berupa ancaman dan peluang, sehingga perubahan pasar dapat meningkatkan keunggulan atau kelemahan suatu organisasi.
  • Keuntungan yang tinggi daripada keuntungan rata-rata Sasaran utama keunggulan bersaing adalah mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada keuntungan rata-rata organisasi-organisasi lainnya


B. Kompetensi khusus

  • Keunggulan bersaing merupakan hal khusus yang dimiliki atau dilakukan suatu organisasi yang memberinya kekuatan untuk menghadapi pesaing. Kompetensi ini bisa berwujud opini atau merek yang mempunyai persepsi kualitas tinggi. ( misalnya; opini: Pengelolaan administrasi yang rapi, terkenal bersih atau bebas KKN/Korupsi Kolusi Nepotisme, Tepat waktu. Merek: Coca cola, IBM, BMW, Mc Donald’s).


7. Manajemen Operasi

Manajemen operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien. Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja, dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan jasa).


A. Kompetensi Umum

  • Ahli manajemen proyek.
  • Manajemen logistik dan perencanaan pengendalian kualitas.


 B.  Kompetensi Khusus

  • Menyusun alur produksi dan layout tempat kerja berdasarkan pada analisis proses kinerja prosedur kerja dan trasportasi.
  • Membuat layout tempat kerja.
  • Menyusun perbaikan lingkungan ditempat kerja.

C. Proposal

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen Adalah; Proses dan Jenis-Jenisnya"