Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luca Pacioli: Bapak Akuntansi

Luca Pacioli bapak akuntansi
Luca Pacioli: Bapak Akuntansi

Pada tahun 1994, akuntan dari seluruh dunia berkumpul di sebuah desa Italia bernama San Sepulcro untuk merayakan ulang tahun ke 500 buku pertama yang ditulis tentang akuntansi double-entry. Buku itu ditulis oleh seorang biarawan Italia, Luca Pacioli.

Buku akuntansi pertama sebenarnya adalah salah satu dari lima bagian dalam buku matematika Pacioli berjudul "Semuanya tentang Aritmatika, Geometri, dan Proporsi." Bagian tentang akuntansi ini berfungsi sebagai satu-satunya buku teks akuntansi di dunia hingga memasuki abad ke-16. 

Karena Pacioli adalah seorang biarawan Fransiskan, ia mungkin hanya disebut sebagai Friar Luca. Sementara Friar Luca sering disebut "Bapak Akuntansi", dia tidak menemukan sistem itu. Sebaliknya, ia hanya menggambarkan metode yang digunakan oleh pedagang di Venesia selama periode Renaissance Italia. Sistemnya mencakup sebagian besar siklus akuntansi seperti yang kita kenal sekarang. Misalnya, dia menjelaskan penggunaan jurnal dan buku besar, dan dia memperingatkan bahwa seseorang tidak boleh tidur di malam hari sampai debitnya sama dengan kreditnya! Buku besarnya termasuk aset (termasuk piutang dan persediaan), kewajiban, modal, pendapatan, dan akun beban. Friar Luca mendemonstrasikan ayat jurnal penutup akhir tahun dan mengusulkan agar neraca saldo digunakan untuk membuktikan buku besar yang seimbang. Juga, risalahnya menyinggung berbagai topik mulai dari etika akuntansi hingga akuntansi biaya.

Pacioli berusia sekitar 49 tahun pada tahun 1494 - hanya dua tahun setelah Columbus menemukan Amerika - ketika ia kembali ke Venesia untuk menerbitkan buku kelimanya, Summa de Arithmetica, Geometria, Proportioni et Proportionalita (Semuanya Tentang Aritmatika, Geometri, dan Proporsi). Itu ditulis sebagai intisari dan panduan untuk pengetahuan matematika yang ada, dan pembukuan hanya satu dari lima topik yang dibahas. 36 bab pendek Summa tentang pembukuan, berjudul De Computis et Scripturis (Dari Reckonings and Writings) ditambahkan "agar subjek Duke of Urbino yang paling murah hati dapat memiliki instruksi lengkap dalam menjalankan bisnis," dan untuk "memberi pedagang tanpa penundaan informasi mengenai aset dan kewajibannya" (Semua kutipan dari terjemahan oleh JB Geijsbeek, Pembukuan Entri Ganda Kuno:

Banyak detail kecil dari teknik pembukuan yang dikemukakan oleh Pacioli diikuti dalam teks dan profesi setidaknya selama empat abad berikutnya, seperti yang dikatakan sejarawan akuntansi Henry Rand Hatfield, "bertahan seperti kancing di lengan mantel kita, lama setelah signifikansinya menghilang. " Mungkin bukti terbaik bahwa karya Pacioli dianggap berpotensi signifikan bahkan pada saat publikasi adalah fakta bahwa karya itu dicetak pada 10 November 1494. Guttenberg baru seperempat abad sebelumnya menemukan jenis logam, dan itu masih merupakan jenis logam yang sangat mahal. tawaran untuk mencetak buku.

Praktisi akuntansi di akuntan publik, industri, dan organisasi nirlaba, serta investor, lembaga pemberi pinjaman, perusahaan bisnis, dan semua pengguna informasi keuangan lainnya berhutang budi kepada Luca Pacioli atas peran monumentalnya dalam pengembangan akuntansi.

Posting Komentar untuk "Luca Pacioli: Bapak Akuntansi"