Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi MYOB

Software Akuntansi MYOB
Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi MYOB

Software akuntansi MYOB merupakan salah satu software yang membantu dalam perhitungan akuntansi modern. Nama MYOB sendiri merupakan singkatan dari Manage Your Own Business. Software MYOB berasal dari Australia. Di Indonesia, tidak sedikit yang menggunakan aplikasi MYOB dalam mengelola informasi keuangan.


Bahkan, aplikasi MYOB menjadi salah satu materi yang diajarkan di SMK dan perkuliahan. Meskipun, saat ini sudah ada aplikasi akuntansi asal Indonesia yaitu Zahir. Setiap aplikasi akuntansi memiliki keunggulan dan kelemahan nya tersendiri. Pengguna nya harus mempertimbangkan hal itu dan harus disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kelemahan dari software akuntansi MYOB.


Kelebihan Software MYOB


1. Mudah untuk digunakan

Software MYOB memiliki tampilan yang mudah untuk dipahami. Hal ini akan membantu, bahkan bagi orang yang tidak memiliki latar belakang akuntansi pun bisa dengan mudah mempelajari nya.


2. Tersedia fitur multi user

Fitur ini membantu untuk membuat batasan terhadap pengguna dari data myob. Sehingga data myob bisa dikerjakan oleh lebih dari satu orang sesuai dengan tugas nya masing-masing.


3. Terintegrasi dengan Microsoft Office

Dalam melakukan penyajian laporan, pada aplikasi myob disediakan pilihan untuk membuat data laporan dengan format excel. Hal ini tentu memudahkan karena sudah terintegrasi dengan aplikasi populer yaitu Microsoft Office.


4.  Pengolahan perhitungan akuntansi yang cepat dan akurat

Dengan menggunakan aplikasi myob, perhitungan akuntansi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dari pencatatan akuntansi perusahaan.


5. Harga software relatif lebih murah

Software MYOB memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan aplikasi akuntansi lainnya. Sehingga aplikasi ini bisa digunakan untuk usaha kecil seperti UMKM.


Kekurangan Software MYOB

1. Format neraca keuangan dengan standar australia

Software myob berasal dari Australia. Standar neraca keuangan yang digunakan aplikasi myob menggunakan standar australia. Hal ini menjadi salah satu kelemahan, karena standar neraca keuangan yang digunakan di Indonesia berbeda dengan standar neraca di Australia.


2. Belum terdapat fitur pelaporan pajak di Indonesia

Seperti di poin pertama, bahwa aplikasi myob ini berasal dari Australia. Sehingga ada beberapa pengaturan yang menggunakan standar dari Australia termasuk pajak.


3. Tidak bisa digunakan secara bersamaan

Meski sudah mendukung fitur multi user, namun data myob tidak bisa digunakan secara bersamaan.


4. Belum tersedia fitur multi currency

Dalam aplikasi myob, fitur multi currency belum tersedia. Sehingga pengguna nya harus mengkonversi sendiri dari transaksi yang ada.


5. Belum tersedia fitur multi gudang

Fitur multi gudang, belum tersedia di aplikasi myob. Hal ini menjadi masalah bagi perusahaan yang memiliki gudang lebih dari satu.


Penutup

Sekian penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan dari software akuntansi MYOB. Setiap software akuntansi memiliki keunggulan dan kelemahan nya tersendiri. Semua itu kembali kepada pengguna nya tergantung kepada kebutuhan perusahaan. Software yang bagus adalah software yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna nya. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkap mengenai myob, bisa kunjungi situs resmi nya di https://www.myob.com/au.


Sumber Gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/MYOB_(company)


Referensi :

- https://bit.ly/2T4oyYQ

- https://bit.ly/2RtJWKH

- https://bit.ly/2HhW9NF


Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi MYOB"