Widget HTML #1

Belajar Tentang Dasar Dasar Akuntansi Dengan Mudah

Belajar Tentang Dasar Dasar Akuntansi Dengan Mudah
Belajar Tentang Dasar Dasar Akuntansi Dengan Mudah

Dasar Dasar Akuntansi menjadi pedoman untuk melakukan penyusunan laporan keuangan. Guna mempermudah pemahaman anda terhadap dasar dasar akuntansi, Anda harus giat untuk membuat jurnal transaksi. Untuk itu, perusahaan selalu ketat dalam seleksi karyawan yang menjabat posisi akuntansi.

Berbicara mengenai perusahaan & akuntansi, perusahaan memerlukan akuntan untuk menyusun laporan keuangan. Perlu dipahami bahwa laporan keuangan akuntansi penting sekali untuk mengetahui pergerakan uang yang ada di perusahaan tersebut. Sehingga hasilnya adalah setiap transaksi yang terjadi diperusahaan dapat berlangsung secara transparan karena adanya laporan keuangan tersebut.


Dasar Dasar Akuntansi dan  Peranannya Bagi Perusahaan :


1. Seberapa Penting Laporan Keuangan Ada?

Dasar dasar akuntansi penting peranannya pada laporan keuangan. Laporan keuangan tentu sangat penting. Laporan keuangan berkedudukan sebagai laporan yang memberi nilai apakah perusahaan tersebut cukup baik dalam mengelola setiap transaksi yang terjadi. Laporan keuangan juga dapat memberikan informasi terkait baik buruknya kinerja perusahaan. Jika laporan keuangan sederhana tersebut selalu rapi disusun, jelas, dan uang masuk maupun keluar dapat tercatat dengan baik, maka perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik. Selain itu, laporan keuangan juga dapat sebagai analisis. Dalam artian analisa laporan keuangan tersebut dapat menyebutkan bahwa perusahaan bergerak maju atau mundur. Dari laporan keuangan tersebut akan terbaca apakah perusahaan tersebut akan sukses ke depannya ataukah tidak menunjukkan prospek sama sekali.


2. Laporan Keuangan Perlu untuk Perusahaan Jasa

Dasar dasar akuntansi penting peranannya pada laporan keuangan perusahaan jasa. Laporan keuangan perusahaan jasa menjadi acuan dalam mengetahui seberapa signifikan dari pergerakan bisnis jasa tersebut. Laporan keuangan untuk perusahaan jasa ini dihitung melalui neraca, laba yang diterima, kerugian yang diterima, termasuk modal. Laporan keuangan yang berhubungan dengan laba rugi akan mempermudah perusahaan jasa dalam menentukan apakah ke depan perusahaan tersebut sudah diterima pelanggan atau tidak.

Jika mengarah pada kerugian, tentunya perusahaan harus mengatur agar laba yang diperoleh semakin besar dan jangan lagi mengarah pada kerugian. Disebutkan juga dalam laporan keuangan perusahaan jasa bahwa terdapat neraca. Dalam perhitungan yang melibatkan dasar-dasar akuntansi, neraca digunakan untuk menghitung aktiva, hutang-piutang, modal perusahaan pada bulan atau waktu tertentu. Sehingga nantinya akan diketahui semua bentuk transaksi perusahaan yang melibatkan uang.


3. Analisis Rasio untuk Laporan Keuangan

Dasar dasar akuntansi penting peranannya pada analisis rasio laporan keuangan. Disebutkan sebelumnya bahwa perlu adanya analisis dalam penyusunan aplikasi laporan keuangan. Analisis tersebut dapat dilakukan dengan metode rasio keuangan. Ada tiga metode yang digunakan. Pertama, metode analisis pertumbuhan.

Metode ini berfungsi untuk mengetahui perbandingan antara periode pemasukan di bulan satu dengan bulan lainnya. Kedua, metode trend dan indeks sebagai pembanding indeks pada tahun-tahun dasar laporan keuangan sebuah perusahaan. Yang ketiga, metode analisis rasio, yang digunakan untuk memperoleh laporan secara signifikan & terperinci. Analisis rasio yang biasa digunakan untuk perhitungan biasanya adalah rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, serta rasio aktivitas. Sehingga tidak hanya mengandalkan dasar-dasar akuntansi.


4. Rasio-rasio Penting dalam Laporan Keuangan

Dasar dasar akuntansi penting peranannya pada rasio-rasio laporan keuangan. Disebutkan bahwa dalam perhitungan analisis laporan keuangan perusahaan juga berkiatan dengan rasio. Untuk rasio likuiditas, perhitungan masih dibagi lagi dalam tiga jenis, yaitu current ratio, cash ratio, serta quick ratio.

Untuk rasio profitabilitas dibagi dalam tujuh jenis, yaitu gross profit margin, operating income ratio, net profit margin, earning power of total investment, ROI, ROE, serta rate of return on net worth. Pada rasio solvabilitas, terbagi dalam dua jenis, yaitu total debt to assets ratio serta total debt to equity ratio. Untuk rasio aktivitas terdiri dari enam jenis, yaitu total assets turn over, working capital turn over, fixed assets turn over,  inventory turn over, average collection period ratio, serta receivable turn over. Dan semua dapat Anda hitung dengan cepat dengan software laporan keuangan.


Laporan keuangan juga bisa disusun dengan mudah saat ini karena adanya aplikasi laporan keuangan gratis. Sehingga akuntan dapat bekerja cepat dan tidak hanya sekadar tahu apa saja yang termasuk dalam bahasan dasar-dasar akuntansi tetapi juga paham dengan proses dan apa saja yang harus dihitung dalam laporan keuangan perusahaan dagang. Laporan keuangan juga bisa dikatakan menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan, karena akan menunjukkan perusahaan cukup kritis dengan uang-uang yang masuk & keluar di perusahaan mereka.

Posting Komentar untuk "Belajar Tentang Dasar Dasar Akuntansi Dengan Mudah"