Widget HTML #1

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Bijak

7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Bijak
7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Bijak

Masalah keuangan dalam sebuah keluarga merupakan salah satu hal yang paling penting. Keuangan keluarga harus diatur dengan tepat agar pengeluaran dan pemasukan berimbang. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga memang tidaklah mudah, dalam hal mengelola keuangan baik istri maupun suami haruslah terlibat di dalamnya. Untuk itulah perlu adanya Perencanaan Keuangan Keluarga.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga sangat tidak mudah apalagi jika sudah mempunyai anak. Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam hal mengatur keuangan keluarga. Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan bijak?

Baca Juga: Materi Bussiness Plan


1. Fahami Sistem Keuangan Keluarga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang pertama adalah pahami sistem keuangan keluarga anda. Anda harus paham dan mengerti gaya hidup anda, berapa jumlah uang yang masuk dari pendapatan keluarga dan juga pengeluaran apa saja yang harus dibayarkan. 

Semuanya harus detail, mulai dari pendapatan, jumlah cicilan yang harus dibayarkan, dan apa saja yang harus dibeli setiap bulannya.


2. Buat Rencana Anggaran Bersama

Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang kedua adalah membuat rencana anggaran. Sebagai sebuah keluarga yang baik, dalam membuat rencana anggaran keluarga harus memperhatikan semua kebutuhan keluarga.

Mulai dari kebutuhan pasangan, hingga kebutuhan anak. Anggaran harus dibuat realistik dan jangan lupa masukan anggaran tak terduga dan anggaran liburan bersama dengan keluarga tercinta.


3. Kenali Kebutuhan dan Keinginan

Banyak orang yang belum mampu untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Untuk membedakannya mungkin Anda dapat membuat daftar kebutuhan dan keinginan.

Daftar ini harus dapat dicermati dengan baik dan bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dahulukan untuk memenuhi kebutuhan daripada keinginan.


4. Katakan Tidak Pada Hutang

Mengatakan tidak untuk hutang adalah salah satu Cara Mengelola Keuangan yang harus diperhatikan. Hutang bukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah keuangan, hutang justru malah menambah masalah keuangan di masa depan.

Sebisa mungkin janganlah berhutang pada siapapun juga, baik itu orang terdekat yang memberikan kepercayaan, karena akan berdampak buruk pada keuangan keluarga di masa depannya.


5. Buat Target Jangka Panjang

Tips Mengatur Keuangan Keluarga selanjutnya adalah membuat target dalam jangka panjang. Target jangka panjang ini sangat perlu dilakukan untuk mencapai masa depan yang diinginkan.

Capaian jangka panjang ini bisa ditetapkan bersama dengan anggota keluarga lainnya terutama pasangan. Target jangka panjang ini bisa menjadi acuan juga bagaimana harus mengatur keuangan keluarga.


6. Menabung Dan BerInvestasi

Menabung dan berinvestasi adalah cara mengatur keuangan keluarga yang harus dilakukan. Sisakan sedikit penghasilan Anda untuk menabung atau berinvestasi.

Jika memungkinkan lakukan kedua-duanya. Investasi sangat bagus untuk keuangan janga panjang. Anda bisa mengivestasikannya dalam bentuk tabungan emas ataupun dalam bentuk usaha lainnya. Tabungan juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang tak terduga.


7. Lakukan Penghematan

Salah satu Cara Dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga adalah dengan berhemat. Penghematan harus dilakukan palagi dengan keadaan eekomoni yang tidak menentu saat ini.

Berhemat juga mengajarkan Anda dan anak-anak anda untuk bersikap bijaksana dan tidak menghambur-hamburkan uang. Walaupun pendapatan keluarga besar, tetap saja harus menabung agar kehidupan keluarga baik dan terarah.


Mengatur keuangan sebuah keluarga memang tidak semudah mengatur keuangan pribadi. Namun hal ini bisa dilakukan dengan mudah jika ada kerjasama yang baik antara suami dan istri. Setiap detail perhitungan pengeluaran dan pemasukan harus diperhatikan dengan baik. Usahakan sisakan sedikit penghasilan Anda untuk ditabungkan.

Tabungan ini akan sangat berguna di kemudian hari, Anda juga dapat menginvestasikan penghasilan keluarga dalam bentuk Usaha. Semakin banyak investasi yang dilakukan, maka persiapan Anda dan keluarga untuk menghadapi masa depan semakin bagus.

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Bijak"