Widget HTML #1

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Baik

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Baik
6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Baik

Cara mengatur keuangan rumah tangga menjadi hal yang sangat penting untuk mereka yang sudah menjalani hidup berumah tangga. Meskipun Anda sudah terbiasa dalam mengatur keuangan Anda sendiri, namun ini tentunya berbeda ketika Anda sudah menikah. Terutama sebagai seorang istri, Anda harus pintar-pintar mengatur jatah uang yang diberikan oleh suami. Jika ada penghasilan tetap dalam rumah tangga, maka Anda bisa lebih mudah untuk membagi anggaran setiap bulannya. Namun, jika ternyata penghasilannya masih minim dan berubah-ubah, maka Anda harus tahu cara mengatur keuangan keluarga dengan bijaksana.

Dengan adanya anggaran rumah tangga yang diatur dengan baik dan bijaksana, maka Anda bisa membagi uang yang ada berdasarkan porsinya masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa menghindari berhutang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Meskipun terkesa mudah, namun tak jarang banyak orang yang masih belum bisa mengelola keuangan dalam keluarganya dengan efektif. Akibatnya, banyak yang hanya gali lobang dan tutup lobang agar segala kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikan agar memiliki manajemen keuangan keluarga yang baik.


1. Memahami Aspek Keuangan Keluarga Secara Menyeluruh

Memahami aspek keuangan keluarga secara menyeluruh merupakan salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang paling vital. Ini juga merupakan salah satu tahap awal yang seharusnya dilakukan. Anda harus mengetahui jumlah uang yang ada di rumah tangga, biasanya meliputi pendapatan suami dan istri.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis tagihan yang Anda harus bayarkan setiap bulannya misalnya biaya listrik, air, telepon, kesehatan, serta anggaran belanja bulanan. Pertimbangkan juga cicilan yang Anda miliki, misalnya ketika Anda sedang melakukan kredit kendaraan bermotor. Dengan begitu Anda, bisa lebih mudah membuat estimasi dana yang Anda keluarkan.


2. Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas merupakan hal yang penting dilakukan karena banyak orang yang terjebak dalam pengeluaran. Cara mengelola keuangan yang benar adalah dengan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Banyak yang orang yang terkadang mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat daftar keinginan dan kebutuhan. Dengan daftar tersebut, pastikan untuk  memenuhi hal yang paling mendesak baru yang bisa ditunda.


3. Membuat Target Keuangan Keluarga Dalam Jangka Panjang

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah Anda harus membuat target keuangan keluarga dalam jangka panjang. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mereka hanya membuat target keuangan jangka pendek dan lupa menetapkan target jangka panjang. Misalnya, dalam 10 tahun ke depan Anda harus bisa membangun rumah sendiri atau dalam 5 tahun ke depan Anda harus menyiapkan dana untuk anak Anda masuk sekolah. Dengan adanya target jangka panjang, Anda  bisa lebih fokus dalam mengelola uang dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting.


4. Berinvestasi Sesuai Dengan Keadaan Keuangan Keluarga

Berinvestasi juga bisa menjadi tips mengatur keuangan keluarga yang efektif. Setelah berkeluarga, memikirkan kehidupan Anda di masa depan merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan berinvestasi, Anda secara langsung telah memikirkan keuangan jangka panjang untuk keluarga. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, pastikan jenis investasi yang akan Anda pilih sesuai dengan keadaan keuangan keluarga. Selain itu, pilihlah investasi yang bisa memberikan keuntungan untuk keluarga. Ada berbagai macam investasi yang bisa Anda pilih seperti properti atau emas.


5. Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Membuat perencanaan keuangan keluarga juga sangat penting. Setelah Anda mengatur apa saja jenis pengeluaran di dalam rumah tangga, Anda juga perlu mengetahui uang yang Anda miliki. Tentukan akan digunakan untuk apa uang tersebut dan berapa jumlah yang seharusnya disimpan.

Usahakan untuk membuat rencana keuangan yang realistis tanpa harus mengurangi kebutuhan diri sendiri. Anda juga perlu menyisihkan sebagian dana untuk berlibur bersama keluarga. Tentunya Anda dan keluarga pasti menginginkan untuk menikmati waktu bersama di tempat tertentu.

6. Menabung Sebagai Antisipasi Kebutuhan Mendesak

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang lain adalah dengan menabung. Dengan mempunyai tabungan, keuangan akan menjadi lebih stabil dan Anda bisa merasa lebih aman. Anda bisa menyisihkan sejumah uang dari gaji setiap bulan untuk ditabung sehingga jumlahnya akan terus bertambah. Hanya gunakan tabungan ini untuk kepentingan yang benar-benar mendesak.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Baik"