Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pihak-pihak Pemakai Informasi Laporan Keuangan Akuntansi

Pihak-pihak Pemakai Informasi Laporan Keuangan Akuntansi
Pihak-pihak Pemakai Informasi Laporan Keuangan Akuntansi

Sumber informasi utama sebagai pengambilam keputusan digunakan untuk kepentingan pihak pihak perusahaan baik itu internal maupun eksternal. Informasi yang dihasilkan oleh pelaporan keuangan bertujuan untuk mengetahui posisi keuangan serta sebagai alat prediksi masa depat dalam pengambilan keputusan masa kini.

Adapun pihak-pihak yang menggunakan laporan keuangan ialah:


1.  Manager

seorang manager perusahaan sangat memerlukan laporan keuangan yang update untuk mengambil keputusan dalam suatu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perkembangan perusahaan. manager merupakan pimpinan suatu perusahaan yang berhak mengetahui posisi keuangan perusahaan yang dipimpin.

2. Investor

Investor merupakan salah satu cara suatu perusahaan untuk mendapatkan dana tambahan dari pihak luar melalui investasi. Seseorang yang melakukan investasi disebut investor. Sebelum melakukan investasi, para investor terlebih dahulu harus mengetahui kondisi perusahaan melalui laporan keuangan sebab dengan adanya laporan keuangan yang sistematis dapat memprediksi laba/rugi dimasa depan.

3. Kreditur

Kreditur sangat terkait dengan data akuntansi sebab kreditur memberikan layanan kredit kepada nasabahnya. Kreditur hanya mau memberi kepada nasabah yang mengembalikan pinjaman serta bunga pada waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu melalui data keuangan akuntansi pihak kreditur dapat menilai kelayakan pemberian pinjaman kepada nasabah atau perusahaan.

4. Instansi pemerintah

Instansi pemerintah sangat memerlukan data informasi keuangan suatu perusahaan. melalui data yang akurat instansi pemerintah dapat menetapkan besaran pajak yang harus ditanggung oleh suatu perusahaan tersebut.

5. Organisasi nirlaba

Meskipun tujuan utama bukan untuk mencari keuntungan, namun organisasi nirlaba jika memerlukan data keuangan perusahaan sebagai alat untuk menetapkan penyusutan anggaran, membayar beban dan lainnya.

6. Pemakai lainnya

Selain beberapa pihak diatas, informasi laporan keuangan suatu perusahaan juga perlu bagi organisasi lain seperti organisasi buruh untuk pengajuan kenaikan gaji, tunjangan karyawa serta untuk mengetahui perkembangan perusahaan bagi pihak pihak terkait.

  Itu tadi beberapa jenis pihak pihak pemakai informasi laporan keuangan. setiap pihak memiliki tujuan pokok dan fungsi (Tupoksi) mereka masing masing terhadap laporan keuangan suatu perusahaan. share ilmu ini jika bermanfaat bagi orang banyak.

 Terimakasih

Posting Komentar untuk "Pihak-pihak Pemakai Informasi Laporan Keuangan Akuntansi"