Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tujuan, Manfaat dan 5 Jenis Penggolongan Akun dalam Akuntansi Jasa



Tujuan Akun Dalam Akuntansi

5 Jenis Penggolongan Akun dalam Akuntansi Jasa
Tujuan, Manfaat dan 5 Jenis Penggolongan Akun dalam Akuntansi Jasa

Akun dalam akuntansi memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis, yang memiliki tujuan dan manfaat untuk mempermudah dalam pencatatan setiap transaksi bisnis, yang pada akhirnya mendapatkan data yang akurat untuk memutuskan suatu kebijakan kedepannya. Akun juga di golongkan menjadi 5 pengolongan untuk mengumpulkan transaksi yang sejenis, agar tertata rapi.

Manfaat Akun Dalam Akuntansi

Akun merupakan istilah menyebutan untuk pencatatan transaksi pada suatu bisnis. Manfaat akun dalam sebuah bisnis adalah untuk menentukan berlangsungnya perubahan harta, hutang, modal, pendapatan, dan beban. Dari data di atas akan di ketahui keadaan suatu bisnis apakah untung atau rugi.

Baca juga : Pengertian Akun

Pengolongan Akun dalam Akuntansi

Akun di golongkan menjadi 5 jenis golongan akun dalam akuntansi yaitu harta, hutang, modal, pendapatan, dan beban. Penggolongan akun merupakan aktifitas tak terpisahkan dalam bagian pencatatan. Aktivitas penggolongan akun ini wajib di perhatikan secara seksama oleh para akuntan. Mereka harus faham dalam mengategorikan pencatatan transaksi bisnis ke dalam akun-akun yang sejenis karena kekeliruan pada bagian ini akan berpengaruh pada tingkatan berikutnya.

Penggolongan akun ini bermanfaat dalam pencatatan dan pelaporan akuntansi, Squad. Jika tidak ada penggolongan akun ini, dipastikan sebuah perusahaan itu memiliki masalah. Nah, bila sebuah perusahaan itu memiliki masalah, karena itu bisa dipastikan integritas perusahaan itu pantas ditanyakan.

Kita akan ulas satu demi satu ya, tetapi sebelumnya kamu mengerti tidak apa bedanya akun riil dan akun nominal itu sendiri? Hmm, akun riil itu sebagai akun yang karakternya tetap, bertahap (berkelanjutan), dan tak pernah ditutup. Maknanya, akun ini tetap terus ada bahkan juga dapat berkembang. Nah, jika akun nominal itu sendiri sebagai akun yang karakternya sementara dan pada masa tertentu akan ditutup.

Pertama-tama kita akan ulas tiga kelompok akun riil yaitu harta, hutang, dan modal. Kemudian kita lanjut ulas penggolongan akun nominal yaitu pendapatan dan beban.

1. Harta

Jika untuk Keluarga Cemara harta yang paling bernilai ialah keluarga. Tetapi, untuk perusahaan harta sebagai sumber daya ekonomis. Nah, harta ini dapat diurutkan berdasar likuiditasnya. Maknanya, bisa dikelompokkan kembali dari yang paling gampang berubah sampai masih alias tetap sama.

2. Hutang

Tidak hanya beberapa orang saja yang punyai utang. Perusahaan punyai utang lho, Squad. Berdasar jangka waktunya, hutang diurutkan jadi hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Disebutkan hutang jangka pendek itu karena masa pembayaran jatuh temponya tidak sampai setahun, jika jatuh temponya lebih satu tahun, masuk di dalam hutang jangka panjang.

3. Modal

Dapat kebayang tidak ada sebuah perusahaan tetapi tidak punyai modal awal untuk jalankan usahanya? Jawabnya tidak mungkin ada, Squad. Tiap perusahaan, untuk mengawali upayanya tentu memerlukan modal. Nah, modal ini dalam penggolongan akun masuk di dalam kekayaan pemilik perusahaan yang disetorkan ke perusahaan. Maka misalkan kamu punyai uang terus membuat usaha nih. Nah, uang yang kamu punyai buat bangun usaha itu namanya modal.

4. Pendapatan

Penghasilan perusahaan itu dapat disetarakan dengan pendapatan orang yang bekerja. Ya, jika kamu masih sekolah penghasilannya itu didapatkan dari uang jajan yang diberi dengan orang tua kamu. Terkecuali jika kamu punya sambilan, contoh berjualan pulsa atau membuka usaha layanan titip untuk barang tertentu. Jika di perusahaan, penghasilan itu sebagai dari hasil kegiatan operasional perusahaan, baik yang diterima secara tunai atau nontunai.

5. Beban

Beban hidup yang telah terlalu banyak, seperti tidak perlu dipikirin. Hidup itu gampang, yang membuat sulit itu gengsi. Banyak kesibukan yang tidak bermanfaat menjadi beban tersendiri. Sama dengan perusahaan, beban sebuah pengorbanan yang dilaksanakan dalam rencana kegiatan perusahaan. Terhitung mengerjakan kegiatan menghabiskan manfaat sebuah barang yang dimiliki.

Nah, itu lah sedikit keterangan mengenai tujuan, manfaat dan 5 jenis penggolongan akun dalan akuntansi jasa. Udah mengerti kan sekarang?


Referensi

Alam S. 2016. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Posting Komentar untuk "Tujuan, Manfaat dan 5 Jenis Penggolongan Akun dalam Akuntansi Jasa"