Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akun

Transformasi Ekonomi Digital Sebagai Upaya Mempertahankan Perekonomian Dimasa Pandemi Covid-19

Transformasi Ekonomi Digital Sebagai Upaya Mempertahankan Perekonomian
Transformasi Ekonomi Digital Sebagai Upaya Mempertahankan Perekonomian Dimasa Pandemi Covid-19

Akhir tahun 2019 merupakan masa yang suram bagi bangsa Indonesia, bahkan negara diberbagai belahan dunia sekalipun. Pasalnya ditahun ini terdapat wabah virus yang mematikan dan mudah menyebar ke berbagai tempat. Akibatnya berimplikasi ke berbagai sektor, baik itu sektor publik, sosial-budaya dan bahkan ekonomi pun kian merasakan dampak besarnya. Sehingga presiden joko widodo secara resmi memutuskan bahwa Covid-19 sebagai Bencana Alam. Penetapan ini dinyatakan melalui keputusan Presiden Republik Indonesia No 12 tahun 2020 tentang penetapan wabah virus Corona sebagai Bencana Non-Alam. Di Indonesia, penyebaran virus corona sudah menjalar ke berbagai daerah, hal ii dibuktikan melalui data resmi dari (Tribun.com) terkonfirmasi sebanyak 127,083 jiwa, pasien dirawat sebanyak 39,082, pasien sembuh sebanyak 82,236 dan pasien meninggal dunia sebanyak 5,765 (10 Agustus 2020). Angka tersebut menempatkan posisi Indonesia pada posisi ke-8 lingkup Asia dan posisi ke-23 sedunia.

Meluasnya penyebaran virus corona keberbagai daerah disebabkan oleh beberapa hal, salah satu penyebab ialah adanya kontak-interaksi sosial secara langsung. Disisi lain masyarakat tidak luput dari kegiata ekonomi yang mengharuskan aktivitas diluar rumah untuk pemenuhan kebutuhan keseharian mereka. Namun masalah ini dapat diminimalisirkan jika pelaku ekonomi mampu menerapkan sistem kegiatan ekonomi baru yang memanfaatkan digitalisasi sebagai solusi aktivities distancing. Untuk itu sistem New Economic Covid-19 (NEC-19) dapat dijadikan solusi dalam mempertahankan kegiatan perekonomian dimasa pandemi tanpa kontak langsung.

Transformasi Ekonomi Digital:

Wabah Virus corona semakin hari semakin meningkat, banyak korban yang terkonfirmasi positif dilanda covid-19. Peningkatan konfirmasi kasus tersebut tidak hanya berimplikasi terhadap masyarakat sosial saja namun beberapa sektor pun juga merasakan dampaknya, salah satunya sektor ekonomi. Banyak diantaranya kegiatan perekonomian merasa terhambat akibat adanya virus menular ini diantaranya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pengangguran, UMKM gulung tikar hingga pemberhentian kegiatan operasi suatu usaha. Dengan tampak jelasnya kondisi ekonomi Indonesia semakin hari semakin memburuk, pemerintah berupaya untuk membuat kebijakan protokol kesehatan untuk mengurangi tingkat kasus terkonfirmasi dan tingkat kesejahteraan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Salah satu upayanya ialah Pembatasan Skala Besar Besaran (PSBB) atau sosial distancing. Namun terdapat pro dan kontra terkait kebijakan sosial distancing ini, disisi lain kebijakan ini sebagai upaya untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona dan disisi lain kegiatan perekonomian menjadi terhambat akibat pembatasan kontak sosial. Jika dilihat dari sisi positifnya kondisi sekarang ini memberikan cara pikir masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui transformasi ekonomi digital. Sebagaimana yang disampaikan oleh presiden jokowi pandemi Covid-19 momentum percepat transformasi digital "kita tahu bahwa pandemi Covid-19 ini harus bisa kita jadikan momentum untuk melakukan percepatan transformasi digital" ungkap nya dilansir dari (Nasional.Kompas.Com) Tercatat data peda lembaga IMD World Digital Competitiveness pada tahun 2019, Indonesia masih barada di peringkat 56 dari 63 negara. Untuk menjawab tantangan terkait kondisi ekoomi dimasa pandemi, sistem New Economic Covid-19 (NEC-19) menjadi solusi transformasi ekonomi digital sebagai upaya mempertahankan kondisi perekonomian bangsa Indonesia sekarang ini dan untuk seterusnya.

Sistem New Economic Covid-19 (NEC-19)

Sebagai upaya mempertahankan keseimbangan perekonomian nasional diera pandemi, pemanfaatan teknologi digital menjadi solusi nyata yang bisa di implementasikan dalam kehidupa masyarakat sosial-ekonomi. Upaya transformasi kegiatan ekonomi tersebut dapat dipraktekan diberbagai kalangan penduduk baik itu remaja maupun dewasa. Sebagai contoh kegiatan ekonomi digital bagi remaja ialah membuat konten-konten kreatif untuk dipublikasikan dimedia internet seperti youtuber maupun publisher blogger. Sebagai contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk tingkatan dewasa ialah mendirikan startup dibidang jasa online, pinjaman online hingga berjualan online diplatform sendiri maupun patnership dengan platform besar online shop.

Sistem New Economic Covid-19 (NEC-19) merupakan suatu planning transformasi ekonomi digital dengan memanfaatkan platform pendukung yang sudah tersedia. NEC-19 memberikan kemudahan praktek kegiatan ekonomi dengan menggabungkan antara ekonomi dengan teknologi modern sehingga menghasilkan gaya baru yang siap diimplementasikan dimasa pandemi covid-19. Berikut beberapa platform pendukung dalam kegiatan New Economic Covid-19 (NEC-19).

Wordpress

Merupakan platform pembuat website dengan menggunakan hosting dan domain serta dilengkapi plugin. Wordpress banyak digunakakn oleh perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan kegiatan ekonomi secara luas dengan tujuan mendapatkan konsumen mencangkup seluruh wilayah di Indonesia bahkan Dunia. Contoh kompani yang menggunakan wordpress seperti layanan pinjaman online dan jasa desain grafis online. Dengan menggunakan wordpress masyarakat bisa menjual produk secara online tanpa adanya kontak langsung yang mengakibatkan penyebaran covid-19 semakin meningkat.

Blogger

Merupakan platform diary online dengan pengaksesan gratis (Blogspot). Pada dasarnya blogger dan wordpress sama-sama platform publikasi internet, namun yang membedakan ialah blogger diakses secara gratis tanpa harus membeli domain atau hosting serta tidak dilengkapi plugin (tool pendukung). Blogger sangat cocok dimanfaatkan untuk remaja yang ingin membuat konten berupa publikasi tulisan sehingga dapat menghasilkan uang. Dengan kata lain kondisi ekonomi dapat diminimalisir dari kontribusi remaja tersebut.

ADS

Merupakan platform layananan advertising untuk pemasaran suatu iklam produk maupun jasa. Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dimasa pandemi covid-19. Cara kerjanya ialah iklan produk masyarakat akan tampil di media internet seperti website dan di youtube sehingga menarik banyak konsumen.

Patnership

Merupakan kerja sama diberbagai bidang usaha ekonomi masyarakat, seperti kerja sama dengan platform startup belanja online yang sudah terkenal di Indonesia sebagai sarana pemasaran barang dan jasa. Kegiatan patnership ini sudah mulai dilakukan oleh sebagian masyarakat untuk menjual produk yang dimiliki.

Penerapan New Economic Covid-19 (NEC-19)

Nec-19 merupakan pendayagunaan masyarakat untuk menerapkan kegiatan ekonomi baru secara digitalisasi dimasa pandemi Covid-19. Untuk mengimplementasikan ekonomi digital dimasa pandemi tentunya membutuhkan modal materill dan pengetahuan dalam penerapan digitalisasi. Oleh sebab itu berikut beberapa program sosial ekonomi masyarakat membantu pemulihan ekonomi dengan penerapan gaya baru.

Pendanaan

Melihat kondisi sekarang ini tentunya frekuensi keuangan masyarakat sangat terganggu akibat pandemi covid-19, hal ini disebabkan seperti PHK dan penurunan omset suatu usaha. Namun untuk menerapkan sistem perekonomian baru yang menerapkan teknologi digital tentunya membutuhkan modal pendanaa, salah satu strategi pemenuhan pendanaa yaitu melakukan pinjaman dengan Asosiasi pendanaam bersama Fintech Indonesia (APFI) sebagai solusi untuk mempetahankan perekonomian masyarakat Indonesia.

Pelatihan

Sekarang ini pemerintah maupun swasta dengan gencar ambil peran dalam rangka pemulihan perekonomian Indonesia akibat pandemi Global, salah satu peran nyata ialah dengan mengadakan pelatihan workshop dan pelatihan lainnya. Pemerintah melakukan kerja sama dengan mitra terpercaya seperti pelatihan kartu prakerja dan pemberdayaan masyarakat sosial.

Kebijakan

Protokol kesehatan dan kebijakan ner normal menjadi pondasi dalam penerapan aktivitas kenormalan baru dan aktivitas ekonomi baru digital. Sebab pemerintah selain menerapkan kebijakan juga melakukan aksi nyata dalam pengurangan angka kasus Covid-19 dan angka kondisi ekonomi bangsa. Pemerintah membuat program Bantuan Sosial (Bansos) untuk pemerataan ekonomi bagi masyarakat terdampak perekonomian akibat kondisi tersebut.

1 komentar untuk "Transformasi Ekonomi Digital Sebagai Upaya Mempertahankan Perekonomian Dimasa Pandemi Covid-19"