Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi

Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk diterapkan kepada generasi milenial

Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk diterapkan kepada generasi milenial
Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk diterapkan kepada generasi milenial

Edukasi literasi keuangan

Halo pemuda milenial!! Welcome back to my blog Mrboby blogger berbagi informasi seputar literasi keuangan meliputi akuntansi, ekonomi, dan perencanaan keuangan. kali ini mimin akan berbagi wawasan pengetahuan mengenai edukasi literasi keungan bagi generasi milenial. Sebelumnya apa itu literasi keuangan?, apa tujuan dari literasi keuangan dan sebagainya. Tenang diartikel ini akan mimin bahas secara detail mengenai literasi keuangan. Baiklah untuk memperdalam wawasan mengenai literasi keuangan, mari kita baca tulisan dibawah ini:

PENGERTIAN LITERASI KEUANGAN

Kita tahu apa itu literasi! literasi merupakan kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi "membaca, berbicara, menyimak dan menulis" dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuan (Elizabeth Sulzby 1986). Namun jika digabungkan antara kata literasi dengan kata keuangan, tentunya memiliki pengertian yang berbeda lagi. Literasi keuangan adalah pemahaman dan kecakapan individu dalam mengaplikasikan pengetahuannya tentang konsep dan resiko, keterampilan dalam membuat keputusan, perencanaan keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan finansial dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

ASPEK-ASPEK LITERASI KEUANGAN

Menurut Nababan dan Sadalian (Budiono 2012:11), literasi keuangan memiliki lima aspek terkait pemahaman pengetahuan tentang keuangan, diantaranya:
Basic Personal Finance merupakan pemahaman dasar individu terkait sistem keuangan seperti inflasi, oppotunity, likuiditas aset dan cost.
Money Management merupakan pengetahuan individu dalam mengelola dan mengatur keuangan pribadi.
Credit dan Debet Management merupakan proses pengumpulan dan penyajian informasi aktivitas perkreditan komponen bank.
Saving dan Investment merupakan serangkaian aktivitas ekonomi untuk menghasilkan barang dan jasa yang mendatangkan keuntungan.
Risk Management merupakan tindakan pengaturan terhadap resiko yang dialami untuk diminimalisir suatu kerugian.

UPAYA DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI MILENIAL

Sosialisasi

Merupakan salah satu cara yang dianggap efektif dalam pengembangan literasi keuangan seperti seminar, workshop dan kajian edukasi keuangan. Sebagai kontribusi nyata penulis (Boby Indrawan) dalam meningkatkan literasi keuangan, penulis mendirikan komunitas belajar khususnya dibidang keuangan dan akuntansi di Instagram resmi @Ruangakuntansi, adapun program yang dijalankan seperti kajian online dan sebagai wadah bagi pemuda milenial untuk mempublikasikan tulisan mereka yang membahas tentang keuangan di website resmi Ruang Akuntansi. Penulis jga pernah menjadi presenter bersamaan dengan Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia (AFPI) untuk memaparkan materi literasi Finansial Teknologi pada program Goes to Campus UIN Jambi.

Kompetisi

Dimasa pandemi Covid-19 lembaga/pemerintah berlomba-lomba untuk membuat kompetisi khususnya dibidang keuangan seperti OJK, DJPPR Kemenkeu yang sekarang diselenggarakan (Blog Writting Competition) dan lembaga lainnya. Cara ini dianggap efektif untuk meningkatkan literasi keuangan dikalangan milenial. Dengan adanya kompetisi maka mereka yang berkontribusi secara tidak langsung menggali ilmu pengetahuan, membaca, meneliti dan menulis tentang ilmu keuangan.

Publikasi Tulisan

Penulis juga ikut ambil peran dalam peningkatan literasi keuangan melalui publikasi artikel dimedia internet khususnya di website ini (Mrboby). Publikasi tulisan ditujukan sebagai referensi ilmiah bagi milenial untuk menambah wawasan tentang literasi keuangan.

Gerakan Literasi Keuangan

Program ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan. Gerakan literasi keuangan ditujukan kepada pihak sekolah, keluarga dan masyarakat. Kegiatan dari program ini seperti pembekalan wawasan perencanaan keuangan keluarga, perluasan akses sumber belajar siswa, dan pengintegritasian kegiatan masyarakat melalui pemodalam usaha.

TUJUAN LITERASI KEUANGAN 

Melihat berbagai masalah keuangan yang timbul dikalangan milenial maupun orang tua, literasi keuangan merupakan solusi dan tujuan untuk mengatasi kondisi keuangan saat ini. Agar para milenial dan orang tua bisa mengatur kondisi keuangan, kita harus memahami dengan benar tujuan yang dirasakan dari peningkatan literasi keuangan untuk kesejahteraan bersama.

  1. memudahkan kita dalam mengatur dan merencanakan keuangan pribadi.
  2. mengubah pola pikir konsumtif menjadi produktif dalam mengelola dan memutar uang untuk pemodalan usaha.
  3. memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap hadirnya lembaga jasa keuangan untuk menggunakan produk dan jasa.
  4. mampu untuk mengatur dan mengendalikan antara manfaat dan resiko, hak dan kewajiban terhadap jasa keuangan.
  5. mengenal perkembangan layanan teknologi keuangan seperti Financial Technology (FinTech), Investasi, pembiayaan modern hingga asuransi digital.

SURVEI NASIONAL LITERASI KEUANGAN 2019 (Oleh OJK)

Pada tanggal 07 November 2019 Otoritas Jasa Keuangan melakukan Survei Nasional terkait literasi keuangan yang ketiga. Di tahun 2019 menunjukan indeks literasi keuangan pada angka 38,03%, angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil survei di tahun sebelumnya sekitar 2016, berada pada angka 29,7%. Peningkatan literasi keuangan dari tahun 2016 sampai dengan 2019 merupakan hasil kerja keras bersama dari berbagai kementrian dan lembaga terkait seperti pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan, industri, swasta dan pihak lainnya. Kegiatan survei tahun 2019 melibatkan 12.773 responden diseluruh provinsi Indonesia dan 67 kab/kota. Survei literasi keuangan tersebut menggunakan indikator, metode dan parameter yaitu pengetahuan, keyaninan, keterampilan, sikap dan prilaku. Dari hasil survei memperoleh hasil indeks literasi keuangan kabupaten/kota mencapai 41,41% dan indeks literasi keuangan masyarakat pedesaan ialah 34,53%.

LITERASI KEUANGAN DIMASA PENDEMI COVID-19

Pandemi Covid-19 merupakan momentum tepat untuk gencar meningkatkan literasi keuangan milenial. Hal ini didasarkan pada ketidakpastian kondisi ekonomi bangsa yang memicu kita untuk lebih peduli dalam mengelola dan mengatur keuangan pribadi. Disisi lain akibat dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan New Normal, kegiatan masyarakat banyak dialihkan secara online seperti transaksi online, belanja melalui E-commerce dan transfer melalui mobile banking. Sebagai upaya nyata pemerintah, swasta, industri hingga akademis pun berlomba-lomba untuk gencar literasi keuangan seperti lomba menulis bertema keuangan, kajian dan webminar keuangan hingga konsultan keuangan. Pandemi Covid-19 menyadarkan kita akan pentingnya peningkatan pengetahan literasi keuangan baik untuk masa kini maupun yang akan datang.

KESIMPULAN

Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk diterapkan kepada generasi milenial, karena milenial merupakan generasi penerus sekaligus penggerak perekonomian bangsa kita ini. Pentingnya wawasan literasi keuangan memberikan bekal utama kepada milenial dalam kegiatan perekonomian. Sebagai upaya peningkatan literasi keuangan, pemerintah, swasta dan lembaga terkait ikut ambil peran dalam menyongsong terbentuknya milenial yang melek akan finansial. Terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi penggerak literasi keuangan untuk meningkatkan pengetahuan tentang keuangan. Karena pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk melakukan kegiatan secara daring seperti belanja online, pinjaman online, asuransi onlinel dan transaksi mobile banking serta Financial Technology (FinTech)

Referensi: (1) (2) (3) (4) (5)

Penulis
Nama: Boby Indrawan
Status: Mahasiswa
Whatsapp: 0857 8948 5007
Instagran: Bobyindrawan00

22 komentar untuk "Edukasi literasi keuangan sangat penting untuk diterapkan kepada generasi milenial"

  1. Sangat bermanfaat sekaliπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kk😊

      Hapus
    2. Benar KK, saya juga merasakan manfaat dari artikel literasi keuangan. Menambah wawasan saya tentang finansial 🀞, owh iy min saya pembaca setia blog ini loh saya sudah ikuti, jika ada artikel terbaru disini langsung ada notifikasi pemberitahuan dan langsung baca deh, semangat terus iy untuk menulis artikel tentang keuangan

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah jik dirasakan bermanfaat πŸ€—

      Hapus
  3. Alhamdulillah min terimakasih atas artikel nya, kebetulan saya sedang mencari terkait pembahasan iniπŸ˜„

    BalasHapus
  4. Trimakasih.. sangat bermanfaatπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  5. Bermanfaat sekali........terima kasih min

    BalasHapus
  6. Wah bisa menambah wawasan
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat terima kasih

    BalasHapus
  8. Salut saya sama Mimin artikel nya bagus banget. Semoga kedepannya semakin berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang khususnya di bidang keuangan

    BalasHapus
  9. Wes jadi Mimin itu [email protected], saya sering ikut kajian nya, untuk menambah wawasan literasi keuangan saya khususnya di bidang akuntansi keuangan. Dan kajiannya gratis 😍😭

    BalasHapus