Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi

Profesi Akuntan Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Penjelasannya



Profesi Akuntan Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Penjelasanya
Profesi Akuntan Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Penjelasanya

Profesi Akuntan Yang Wajib Kamu Ketahui

Akuntan ialah orang yang bertanggung jawab dalam tugasnya menyusun laporan keuangan suatu perusahaan. seorang akuntan ialah orang yang handal dalam bidang ilmunya. Untuk menjadi seorang akuntan yang profesional, kita diharuskan untuk menyelesaikan program diploma/sarnaja serta menempuh pendidikan Profesi Akuntan (PPAk). Ada beberapa profesi akuntansi yang sangat terkenal dikalangan para akuntan. berikut penjelasan mengenai jenis jenis profesi akuntan;

1. Akuntan Internal / Perusahaan (Internal Accountant)

Akuntan internal ialah seorang akuntan yang bekerja di suatu perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawan tentang pembukuan laporan keuangan dilingkup perusahaan / organisasi. Tugas dan fungsi dari akuntan internal ialah mengawasi dan mengontrol pengeluaran dan pemasukan, menyediakan informasi mengenai keuangan kepada pihak luar perusahaan, menyusun sistem informasi akuntansi, merencanakan anggaran, bertanggungjawab terhadap masalah perpajakan serta pemeriksa laporan keuangan.

2. Akuntan Eksternal / Publik (Eksternal Accountant)

Akuntan eksternal ialah seorang akuntan  yang independen memberikan jasa bagi perusahaan bisnis maupun nonbisnis. Tugas dari seorang akuntan eksternal ialah memeriksa kelayakan dan kewajaran laporan keuangan dari suatu perusahaan seperti mengaudit laporan yang berlaku dalam periode berjalan, konsultan perpajakan, konsultan bisnis, dan pembukuan laporan keuangan. Biasanya akuntan eksternal / publik bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP). 

3. Akuntan Pendidik (Educator Accountant)

Akuntan pendidik ialah seorang akuntan yang bekerja dibidang pendidikan untuk mengembangkan ilmu akuntansi. Pelaku dari akuntan pendidik terdiri dari guru mata pelajaran akuntansi dan dosen akuntansi. Tugas utama dari akuntan pendidik ialah mengajar dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi, melakukan penelitian dibidang akuntansi untuk pengembangan ilmu akuntansi itu sendiri, serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menjadi seorang akuntan pendidik, mereka diutamakan yang sudah memiliki sertifikasi profesi kependidikan supaya kualitas yang dihasilkan terbilang bagus.

4. Akuntan Pemerintah (Government Accountant)

Akuntan pemerintah ialah seorang akuntan yang bekerja secara profesional di lembaga pemerintah seperti Kantor Badan Pemeriksa Keuangan, Bendahara Pemerintah dan lembaga keuangan pemerintah lainya. Tugas utama dari akuntan pemerintah ialah melakukan perencanaan sistem akuntan, mengendalikan, mengaudit pengguna kekayaan negara dan melakukan pembukuan laporan keuangan pemerintah.

Itu tadi beberapa jenis profesi akuntan yang wajib ditahui. Namun untuk menunjang profesi disetian bidangnya perlu adanya pendidikan profesi akuntansi atau sertifikasi akuntansi. Dengan adanya sertifikasi akuntansi memberikan bukti kualitas dari seorang akuntan itu sendiri. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini. Jika dirasaran bermanfaat silahkan dishare kepada teman yang sekiranya membutuhkan artikel ini.
Terima kasih wassalam!!

Posting Komentar untuk "Profesi Akuntan Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Penjelasannya"