Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akun

Pengertian Akuntansi Menurut Istilah dan Para Ahli

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi Menurut Istilah dan Para Ahli

Pengertian Akuntansi

Secara umum pengertian akuntansi ialah ilmu yang mempelajari tentang pencatatan laporan keuangan. Namun pengertian tersebut ternyata lebih luas lagi dan diartikan oleh berbagai kalangan dan instansi. Ada beberapa istilah keren yang mengartikan mengenai apa itu akuntansi. Terdapat berbagai versi terjemahan mengenai ilmu akuntansi berikut ulasan lengkapnya. 

Baca juga : Pengertian Akun

Pengertian Akuntansi Menurut Istilah

Akuntansi secara istilah populer dapat diartikan sebagai proses mengidentifikasi, mengukur, mencatat, dan menyajikan informasi keuangan secara jelas dan sistematis dari data keuangan perusahaan atau perorangan yang dinyatakan dalam satuan mata uang untuk mengambil keputusan. Istilah ini sudah sangat terkenal dikalangan para akuntan. ( sumber referensi buku ekonomi peminatan ilmu-ilmu sosial kelas XII tahun 2019 terbitan intan pariwara)

Dan disamping itu Financial Accounting Standards Board (FASB) juga memberikan definisi tentang akuntansi, menurut FASB sendiri akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi. ( sumber referensi buku ekonomi peminatan ilmu-ilmu sosial kelas XII tahun 2019 terbitan intan pariwara)

American Institute Of Certified Public Accounting (AICPA) juga memberikan pengertian mengenai ilmu akuntansi, menurut AICPA akuntansi ialah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi, serta kejadian-kejadian yang bersifat finansial serta penafsiran hasi;-hasilnya. 

Menurut American Accounting Association (AAA) pengertian akuntansi menurut AAA ialah bahwa akuntansi itu sebagai proses pengidentifikasian, pengukuran, serta pengkomunikasian informasi ekonomi untuk membantu para pemakai informasi ekonomi dalam membuat pendapat dan keputusan. ( sumber referensi buku ekonomi peminatan ilmu-ilmu sosial kelas XII tahun 2019 terbitan intan pariwara)

Pengertian akuntansi menurut para ahli


Menurut Dr. M. Gede

Ia memberikan definisi terkait ilmu akuntansi. Menurutnya akuntansi merupakan suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus enerus menurut aturan dan sistemnya, pengelolaannya dan analisis catatan tersebut sehingga tersusun suatu laporan keuangan sebagai suatu pertanggungjawaban dari pemimpin perusahaan maupun lembaga terhadap kinerjanya (referensi buku).

Menurut West Churman

Definisi akuntansi menurut churman ialah bahwa akuntansi itu merupakan pengalaman tertulis yang gunanya untuk mengambil suatu keputusan yang terjadi dalam sebuah perusahaan  (referensi buku).

Menurut Rudianto

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak terkait yang berkepentingan dengan kegiatan ekonomi dan keadaan suatu bandan usaha tertentu (referensi buku).

Menurut Ismail

Definisi ini berasal dari bukuterbitan pribadi berjudul Akuntansi Bank tahun 2010. Akuntansi ialah sebagai seni dalam melakukan pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran, yang mana hasil akhirnya tercipta sebuah informasi seluruh aktivitas keuangan perusahaan  (referensi buku).

Menurut Abu Bakar A. Dan Wibowo

Mereka berdua mendefinisikan akuntansi ialah sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Maksudnya ialah bahwa akuntansi itu merupakan sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan  (referensi buku).

Menurut Warren dan kawan-kawan

Warren dan kawan-kawannya juga mendeinisikan akan ilmu akuntansi ini. Mereka menjelaskan bahwa akuntansi secara umum adalah sistem informasi yang menghasilkan sebuah laporan keuangan kepada pihak-pihak yang terkait atau berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan kondisi perusahaan  (referensi buku).

Menurut Arnold

Akuntansi diartikan sebagai sistem untuk menyediakan sebuah informasi khususnya keuangan kepada siapa saja yang membuat keputusan dan yang mengendalikannya  (referensi buku).

Menurut littleton

Akuntansi diartikan sebagai perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut  (referensi buku)

Menurut Suparwoto L

Akuntansi ialah suatu teknik atau sistem untuk menguku dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan  (referensi buku).

Posting Komentar untuk "Pengertian Akuntansi Menurut Istilah dan Para Ahli"