Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah Jurusan Akuntansi

Kuliah Jurusan Akuntansi

Kuliah Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah yang populernya sama seperti kedokteran dan hukum. Kalau dipikir-pikir, melihat banyaknya peminat—kuliah jurusan akuntansi susah gak sih? Pertanyaan tersebut jadi muncul ke permukaan selain karena banyaknya saingan, jurusan akuntansi juga terdengar kabar kalau memiliki tantangannya tersendiri. Mulai dari mata kuliah yang ‘njelimet’ nya bikin mahasiswa lelah menatap langit kamar sampai yang katanya susah untuk lulus! Well, apa benar?

FYI, jurusan Akuntansi sendiri merupakan jurusan dimana kamu akan dibimbing agar mampu mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait; seperti menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi biaya, audit, analisis laporan, perencanaan, sampai standar profesional dan etika.

Jadi, ilmu yang kamu pelajari inilah yang akan diaplikasikan ke dalam berbagai instansi bisnis. Baik itu yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan. Agar kamu mampu menjalani perkuliahan Akuntansi, tentunya kamu dituntut untuk teliti, kritis, dan senang untuk melakukan analisis serta problem solving.

Nah, kembali lagi ke pertanyaan: 

Kuliah Jurusan Akuntansi Apakah Susah?

Jawabannya adalah: tergantung bagaimana kamu menjalaninya. Selain harus berdampingan dengan kalkulator, sebagai anak Akuntansi kamu wajib balance dan detail. Kamu harus bisa teliti dalam mencari letak kesalahan saat menemukan selisih dan detail saat melihat transaksi keuangan. Misalnya, saat sedang menghitung berbagai data dan memisahkan data, kamu harus bisa teliti dalam menyelesaikan hal tersebut.

Apakah masuk jurusan akuntansi harus pintar matematika?


Kuliah di jurusan Akuntansi sebenarnya tidak perlu mahir di bidang matematika untuk menguasai materi akuntansi. Memiliki dasar matematika yang kuat memang baik untuk membantu proses logika, karena akuntansi menuntut banyak logika. 

Namun, kepandaian di bidang matematika tidak akan berkembang di jurusan ini. Kuliah di jurusan Akuntansi hanya membutuhkan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dan untuk menguasai akuntansi, tidak perlu mahir matematika, cukup memahami saja.

Kuliah Akuntansi mempelajari apa saja?


Kuliah Jurusan akuntansi ialah belajar cara memelihara keuangan. Ini mempersiapkan siswa untuk menjadi akuntan dengan mengajar mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak

Beberapa mata kuliah yang akan Kamu jumpai di jurusan Akuntansi, antara lain Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Analisis Laporan Keuangan, Perpajakan, Pengauditan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintahan, dll.

Kuliah di jurusan Akuntansi, Kamu akan ditempa untuk mempelajari banyak hal tentang laporan keuangan. Selama 4 tahun atau 8 semester, agar meraih gelar Sarjana Akuntansi atau Sarjana Ekonomi, kamu akan belajar segala hal tentang laporan keuangan.

Mulai dari bagaimana membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai kelayakan usaha lewat laporan keuangan, sampai menilai prospek kedepannya. Selain itu, Quipperian juga belajar audit, yang secara sederhana kamu akan mempelajari cara melihat apakah laporan keuangan dapat dikatakan layak atau tidak.

Lulusan S1 Akuntansi jadi apa?


Selain bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau BUMN, lulusan akuntansi juga bisa menjadi tenaga pendidik yang memberikan materi di dalam maupun di luar kelas. Selain sebagai dosen atau guru, akuntan pendidik juga bisa menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar keuangan.

1. Menjadi seorang akuntan publik


Akuntan publik adalah akuntan independen yang menganalisa berbagai laporan keuangan dengan tidak terikat oleh sebuah perusahaan. Akuntan publik nantinya akan mendapatkan upah dari pengguna jasanya.

Memeriksa keuangan perusahaan dengan menjadi internal auditor

Perusahaan di bidang apapun pasti membutuhkan peran internal auditor yang bertugas untuk memastikan hasil laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya. Internal auditor juga harus memastikan seluruh manajemen telah melakukan usaha secara efisien dan tidak terjadi penyimpangan.

2. Menjadi perencana keuangan


Jumlah golongan menengah di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Untuk meningkatkan kesejahteraan, mereka membutuhkan seseorang yang bisa memberikan saran seputar pengelolaan keuangan.

3. Menganalisa keuangan perusahaan atau pribadi


Biasanya, individu maupun badan usaha membutuhkan financial analyst untuk menerjemahkan data-data perusahaan yang kemudian dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis dan strategi bisnis ke depannya.

4. Bekerja di OJK dan BI


Lulusan akuntansi juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Otoritas Jasa Keunagan (OJK) atau Bank Indonesia (BI). Selain bergengsi, gaji yang ditawarkan oleh kedua instansi tersebut untuk fresh graduate biasanya di atas rata-rata.

5. Akuntan Pendidik


Selain bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau BUMN, lulusan akuntansi juga bisa menjadi tenaga pendidik yang memberikan materi di dalam maupun di luar kelas. Selain sebagai dosen atau guru, akuntan pendidik juga bisa menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar keuangan. 

6. Membangun bisnis sendiri dan jadi wirausaha


Mahasiswa jurusan akuntansi cukup fleksibel untuk bisa masuk ke berbagai bidang usaha. Apalagi karena banyak mempelajari mata kuliah tentang pengembangan bisnis, tidak menutup kemungkinan lulusan akuntansi membuka lapangan pekerjaan sendiri dengan membuka usaha.

Nilai Plus Kuliah Jurusan Akuntansi


Meskipun Akuntansi dikenal dengan banyaknya area yang perlu dipelajari serta “dipertanggungjawabkan”, jurusan ini juga punya banyak nilai plus lainnya loh! So, apa saja sih yang menjadi keuntungan dalam menempuh jurusan Akuntansi? Yuk simak beberapa poin yang ada di bawah ini:

1. Prospek Kerja Luas

Yup. Prospek kerja jurusan Akuntansi sangat luas! Perusahaan apapun akan bersinggungan dengan pengeluaran dan pemasukan. Buat kamu yang sudah menempuh studi Akuntansi, pasti lebih memahami hitung-hitungan pemasukan dan pengeluaran serta analisa.

Dengan kemampuan yang kamu miliki dan banyaknya lapangan pekerjaan, kamu jadi berkesempatan besar untuk bekerja dalam bidang tersebut! Kamu bisa memilih untuk bekerja kementerian, start up, maupun perusahaan teknologi. Profesinya yang bisa kamu geluti juga bermacam-macam. Mulai dari ekonom, pegawai pajak, pemeriksa keuangan, akuntan, dan masih banyak lainnya.

2. Tidak ada kata “Susah lulus


Sama seperti beberapa program studi lainnya, jurusan Akuntansi punya beban SKS yang bisa kamu selesaikan dalam kurun tiga hingga empat tahun. Kenapa tidak ada kata ‘’susah lulus’’?. Karena cepat lulus atau tidaknya tergantung pada performa studi yang kamu jalani. Lihatlah seperti apa usaha kamu dalam belajar, bagaimana kamu proaktif dalam berkonsultasi, diskusi, maupun bertukar pikiran dengan dosenmu.

Disini motivasi kamu bisa dilihat dan durasi studimu akan bisa lebih cepat selesai jika usahamu dalam menempuh studi maksimal dan sungguh-sungguh.

3. Ilmu yang Penerapannya Multifungsi


Ketika kamu mempelajari studi mengenai Akuntansi, banyak ilmunya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengeluaran biaya hidup dalam sebulan? Bisa kamu buatkan pembukuan agar tahu pemasukan dan pengeluaran yang ada!

Dengan adanya pembukuan, kamu jadi lebih tahu uang yang kamu miliki dialokasikan untuk apa saja dan meninjau kembali pengeluaran mana yang memang esensial dan sebenarnya tidak penting. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memilih menempuh studi Akuntansi. Perlu diingat, sebelum menimbang-nimbang pilihan jurusan ini, kamu harus gali informasi lebih dalam ya. Pastikan kemampuan kamu masuk dan minat kamu sejalan dengan jurusan Akuntansi agar kamu tak kesulitan dalam menyelesaikan studi tersebut.

On top of that, teruslah bersemangat dalam meneruskan pendidikanmu! Dengan motivasi dan niat sungguh-sungguh, kamu pasti bisa melakukan yang terbaik.

Posting Komentar untuk "Kuliah Jurusan Akuntansi"